Tips Bebas Stress Naik Motor Saat Hujan

Posted on

NYETIR.id – Berkendara dengan sepeda motor di saat hujan tentu menjadi tantangan sendiri bagi para bikers yang tiap hari beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor.

Terpaan hujan, angin serta jalan yang licin menjadi musuh utama yang seringkali membuat stress para bikers ketika berada dijalan. Ditambah lagi musim hujan yang sedang deras derasnya di bulan Februari ini membuat kita harus mempersiapkan ekstra amunisi dan persiapan untuk menghadapi musim hujan. Nah, mau tahu apa saja tips berkendara bebas stress di musim hujan? Yuk simak penjelasan dibawah!

Menggunakan Jas Hujan Model Setelan

Jas hujan model setelan adalah salah satu perlengkapan yang harus digunakan saat berkendara dengan sepeda motor. Dengan menggunakan jas hujan dengan model seperti ini, akan membuat badan kamu semua terlindungi. Hindari menggunakan jas hujan model ponco, karena akan berkibar dan tersangkut kemana mana

Perhatikan Kondisi Ban

Kondisi ban merupakan hal yang krusial diperhatikan ketika sedang hujan. Ban yang sudah jelek alurnya akan sangat licin ketika dikendarai saat hujan dan akan berpotensi membuat kamu terpleset, Jadi jangan lupakan hal ini ya!

Perhatikan Kondisi Kaca Helm

Hujan lebat yang mendera tentu akan membuat kaca helm mu penuh air dan mengurangi visibilitas kamu di jalan. Pastikan kaca helm kamu bersih dan tidak baret baret agar bisa jelas melihat kondisi jalan saat hujan.

Hindari Genangan Dalam

Selalu perhatikan genangan yang terlihat dalam saat berkendara di hujan deras. Genangan dalam ini bisa berisi lubang jalan yang besar dan membuatmu terjungkal.

Baca Juga : Mobil Bekas Keren Dibawah Harga Honda Brio RS

Jaga Kecepatan

Menjaga kecepatan di sekitar 40 – 50 km/h saat hujan adalah hal lain yang harus kamu perhatikan. Berkendara saat hujan dan saat kering tentu sangat berbeda, cengkraman ban akan berkurang drastis saat hujan sehingga akan berpotensi terpleset ketika mengerem terlalu keras. Oleh karena itu jaga kecepatan di 40 – 50 km/h agar aman.

Nah, itu dia tips berkendara saat musim hujan. Jangan lupa untuk diperhatikan ya!

 

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *