Sayonara Suzuki Hayabusa!

Posted on

NYETIR.id – Motor kencang nan fenomenal Suzuki Hayabusa yang sudah dijual 2 dekade lebih oleh Suzuki kini tampaknya harus segera menemui titik nadirnya.

Suzuki memutuskan untuk memensiunkan motor ini pada 31 Desember 2018 karena alasan regulasi emisi mesin yang dihasilkan. Sesuai dengan standar Eropa, motor dan mobil disana harus memenuhi standar regulasi Euro IV yang tidak mampu diraih oleh Suzuki Hayabusa karena memang mesin 1300cc 4 Silindernya tersebut sudah cukup berumur dan tidak pernah dilakukan rombakan secara total.

Motor pemecah rekor tersebut juga dinilai memiliki desain yang sudah usang dan teknologi yang ketinggalan zaman apabila disandingkan dengan sang rival sesama Hyperbike semisal Kawasaki H2R atau ZX-14R. Wajar, sudah 20 tahun Suzuki Hayabusa ada di dunia tanpa ada ubahan yang benar benar revolusioner.

Baca Juga : Suzuki GSX150 Bandit, Apakah Satria F150 Bertangki?

Menurut kabar yang beredar, Suzuki sebetulnya tidak akan menyuntik mati motor ini. Melainkan mentiadakan sementara atau hiatus sehingga mereka bisa mengembangkan suksesor dari si legenda Hayabusa ini. Dikabarkan ia akan mengikuti langkah Kawasaki yang menerapkan teknologi forced induction di mesin motornya.

Jadi penasaran nih seperti apa bentuk dari suksesor Hayabusa ini!

Fadli Arfi
97 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *