Review Honda All New PCX 150 : Senjata Honda Melawan Yamaha N-Max

Posted on

Bali, NYETIR.id- Honda PCX 150 telah lama digadang gadang oleh penggemar roda dua tanah air sebagai rival yang paling pantas untuk skuter maxi terlaris di Indonesia yaitu Yamaha N-Max.

Hal ini tidak terlepas dari style motor ini yang sama sama menganut model maxi yang mengutamakan kenyamanan pengemudinya. Setelah bertahun tahun menyandang status CBU, akhirnya AHM selaku ATPM motor Honda di Indonesia memperbarui PCX 150 sekaligus melokalkan produksi motor ini sehingga harganya lebih terjangkau dan bisa bersaing.

Menyandang misi yang sangat berat yaitu melawan Yamaha N-Max yang terlebih dahulu eksis sebagai top of the mind maxi skuter di Indonesia. Akankah motor seharga 27,7 Juta (CBS) dan 30,7 Juta (ABS) ini mampu? Yuk simak review spesial langsung dari pulau Dewata terhadap maxi skuter 150cc ini!

Looks

   Secara desain, motor ini jujur saja sangat cantik dan futuristik! Tarikan garis yang melandai dan flamboyan sangat mengentalkan unsur kemewahan dari maxi skuter ini.

Lampu depan didesain dengan model bertingkat dan memiliki DRL yang bertumpuk dengan lampu sein. Sangat futuristik! Begitu juga dengan desain lampu belakang yang memiliki bentuk seperti huruf X dan menganut tipe lampu LED bar.

Build Quality

Secara build quality, jujur hal ini agak dibawah ekspektasi kami. Dibandingkan dengan PCX 150 CBU model sebelumnya, kualitas All New PCX 150 Lokal ini agak sedikit menurun. Terlihat dari panel gap yang agak besar dan tutup bensin yang agak susah ditutup. Hal ini seharusnya bisa diperhatikan oleh AHM, apalagi mengingat motor ini menyandang status sebagai premium entry level maxi scooter.

Fitur

 Untuk urusan fitur, Honda All New PCX 150 ini boleh dibilang juaranya. Kebetulan tipe yang saya coba ini adalah tipe ABS yang memiliki rem ABS di roda depan. Fitur fitur yang terdapat terbilang cukup melimpah, sebut saja Honda Smart Key System, CBS, ABS, Speedometer full digital, ISS, Hazard, Lighter 12V dan stopper bagasi.

Dengan fitur fitur diatas, skuter matik 150cc ini terasa canggih sekali. Sangat worth untuk harga yang ditawarkan.

Kenyamanan dan Akomodasi

Berbicara urusan kenyamanan, All New PCX ini sangat nyaman untuk dikendarai. Bodinya yang panjang dan lebar sangat mendukung aktivitas berkendara lebih dari 1 jam atau jarak jauh. Walaupun jok dan pelapisnya saya rasakan agak kaku dan keras.

Saya yang memiliki tinggi 190cm tidak merasa kesempitan naik motor ini karena joknya yang panjang dan lebar. Namun konsekuensinya, orang yang bertinggi badan dibawah 165cm tampaknya akan sedikit jinjit karena bentuk joknya yang melebar.

Posisi stang yang cenderung lebar dan tinggi juga membantu saya untuk rileks sepanjang perjalanan. Namun konsekuensinya karena ukuran nya yang panjang dan stang nya yang lebar, motor ini agak kurang lincah dibanding kompetitornya untuk urusan selap selip di sela sela kemacetan Seminyak dan Kuta.

Suspensi pada motor ini juga empuk dan rebound nya pas, baik ketika dikendarai sendiri ataupun berboncengan. Hanya saja ban yang dipakai komponnya cukup keras sehingga terasa mengganggu ketika dikendarai di jalanan yang kurang rata / bergelombang.

Hal positif berlanjut pada akomodasi, Honda All New PCX 150 ini juaranya. Bagasinya melebar dan memanjang sepanjang body, helm full face, tas laptop atau benda benda besar lainnya dapat ditelan dengan mudah. Ditambah lagi kompartemen kiri didekat stang yang sanggup menelan botol air mineral 600ml yang sangat memudahkan pengendaranya.

Mesin dan Tenaga

Untuk urusan tenaga, diatas kertas motor ini lebih bertenaga dibandingkan sang adik yaitu Honda Vario 150. Saat saya mencobanya langsung, mesinnya terasa halus dan sangat enjoyable untuk riding didalam kota. Sama sekali tidak menyentak dan enak untuk dibawa cruising 50-80 km/h

Namun ketika saya mulai beranjak ke bagian utara Bali seperti Bedugul, Angseri serta Tabanan. Mesin 149,3 cc SOHC 1 Silinder bertenaga14,5 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm seolah olah sedikit kepayahan menghela bodinya yang panjang dan lebar.

Sebagai catatan saja, saya memiliki bobot seberat 105kg ketika saya membawanya sendiri saya merasakan adanya gejala loss power yang lumayan sehingga saya harus membetot gas lebih dalam lagi supaya menjaga kecepatan tetap 40-50 km/h saat membabat tanjakan berliku di daerah Tabanan.

Tampaknya AHM sengaja mendesain motor ini untuk kebutuhan di dalam kota / city bike. Ini ditandai dari RPM motor yang  mengisi di putaran bawah dan terasa kehabisan napas di RPM tinggi.

Final Verdict

Honda All New PCX 150 buatan lokal boleh dibilang menjadi langkah brilian Honda untuk menantang pasar Yamaha N-Max. Tentu dengan menawarkan desain dan rasa yang berbeda dengan sang rivalnya. Terlebih lagi dengan harga yang sangat kompetitif membuat motor ini menjadi ancaman serius untuk pabrikan Yamaha.

We Like (+)

  • Suspensi nyaman
  • Fitur melimpah
  • Desain mewah
  • Akomodasi baik

We Don’t Like (-)

  • Karakter Tenaga Mesin
  • Build Quality
  • Jok Lumayan Keras

Oiya, kami juga melakukan komparasi motor ini dengan rival nya yaitu Yamaha N-Max penasaran seperti apa? Stay tune terus ya di NYETIR.id!

Fadli Arfi
102 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *