Produksi Sparepart Yamaha RX-King Akan Segera Dihentikan, Ada Apa?

Posted on

NYETIR.id – Yamaha RX-King tentu mempunyai catatan sejarah sendiri di hati masyarakat Indonesia. Motor jenis naked bermesin 135 cc 2 tak yang mempunyai julukan motor raja /  motor jambret / motor rampok ini memiliki ciri khas bentuk dan suara yang unik sehingga menjadi motor yang sangat laris di masanya, bahkan hingga sekarang.

Sebagai catatan saja, motor ini terakhir diproduksi di tahun 2009. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyetop produksi motor ini karena mengikuti peraturan regulasi emisi yang tidak mampu dipenuhi RX-King karena penggunaan mesin 2 tak konvensionalnya. Keputusan ini tentunya banyak sekali ditentang bagi para penggemar RX-King mengingat statusnya sebagai legenda motor 2-tak di Indonesia. Namun, regulasi jalan terus, tak ada peraturan yang dapat dilanggar.

Kabar kurang enak kini kembali hinggap untuk para penggemar ataupun pengguna RX-King. Motor ini secara resmi akan dihentikan dukungan sparepartnya pada tahun 2018 ini yang berarti ketersediaan sparepartsnya akan sangat langka dan hanya bisa mengandalkan part part OEM / Racing.

” Saya tahu RX King kini menjadi motor yang sangat fenomena, harga jualnya dari puluhan juta bahkan ratusan juta, hal itu jadi motivasi bagi Yamaha untuk menciptakan motor terbaik lagi seperti RX King. Yamaha hanya menyediakan komponen RX King selama 10 tahun karena tentunya Yamaha pun mengikuti aturan emisi dan perkembangan zaman. Nantinya jika sudah setop produksi onderdilnya, pengguna RX King bisa mencari dari Aftermarket atau label racing yang menyedikan onderdil RX King.” seru Manager Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro kepada Sindonews.com

Dengan penghentian dukungan sparepart ini, tentu akan meroketkan harga parts RX-King secara signifikan. Terlebih lagi, motor ini sekarang cenderung meroket baik peminat maupun penggunanya.

Nah bagi kamu yang memiliki RX-King, ada baiknya untuk menyetok parts parts RX-King kamu dari sekarang deh! Sebelum kesulitan mencari atau menemukannya dengan harga yang sangat mahal.

Bagaimana menurutmu?

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *