VW Recall Tiguan dan Touran di Seluruh Dunia? Ini Sebabnya!

Posted on

NYETIR.ID – VW beberapa waktu lalu melakukan recall pada 2 varian mobilnya, yaitu VW Tiguan dan Touran. Mobil-mobil yang direcall oleh pihak VW adalah yang dibuat hingga tanggal 5 Juli 2018.

Penarikan unit ini dilakukan diseluruh dunia termasuk Indonesia, terhitung ada sekitar 700.000 unit yang mendapat recall dari pihak VW. Dan, mobil yang mendapatkan recall adalah Tiguan dan Touran yang sudah dilengkapi dengan fitur panoramic sunroof dan ambient light.

Hal ini dikarenakan modul dari lampu LED pada garis lampu yang ada di panel LED belum terisolasi dengan baik, sehingga udara lembab dari luar mobil yang dapat menghasilkan air yang menyebabkan korsleting listrik pada bagian tersebut. Dan juga, bila tidak diantisipasi, hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan resiko kebakaran pada mobil.

VW Tiguan Sunroof

The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yaitu suatu lembaga keselamatan lalu lintas yang melakukan penyebaran informasi bahwa mobil harus di recall, mencatat bahwa sudah sebanyak 45.457 unit mobil melakukan recall terhadap Tiguan.

Namun ternyata, solusi untuk masalah ini belum dapat diselesaikan secara menyeluruh oleh pihak VW sendiri, karena juru bicara VW telah mengkonfirmasi bahwa VW saat ini sedang mengerjakan solusi dari masalah ini, dan juga pengujian harus dilakukan “secepatnya.”

Pemilik mobil yang mendapatkan recall memang masih bisa menggunakan fitur panoramic sunroof dan ambient light tersebut. Namun, harus lebih berhati-hati dan selalu awasi bagian-bagian tersebut. Jika melihat adanya tanda-tanda korsleting, dan ambient light yang tidak berfungsi, pemilik kendaraan harus segera menghentikan kendaraan dan langsung melepaskan sambungan baterai/accu agar tidak terjadi arus pendek listrik/ korsleting.

Untuk saat ini, teknisi dari VW hanya dapat menawarkan bantuan dengan hanya “memutus daya untuk modul LED sunroof panoramik, hingga tindakan layanan dimasa mendatang dapat mengaktifkan kembali fitur dengan aman.”

Kontributor : Deddy Darmanto

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *