Toyota Yaris TRD Sportivo Review : Si Joker Penuh Fitur

Posted on

NYETIR.id – Toyota Yaris merupakan salah satu mobil yang cukup fenomenal di Indonesia. Bagaimana tidak, saat pertamakali diperkenalkan, ia bersama Honda Jazz merupakan pelopor demam hatchback di Indonesia saat di kala tahun 2005 lalu mobil jenis sedan masih mendominasi.

13 tahun berlalu. Yaris sudah mengalami banyak ubahan dan pergantian generasi. Ukuran bodynya semakin besar dan panjang, serta fiturnya juga semakin lengkap.

Salah satunya adalah Toyota Yaris TRD Sportivo keluaran terbaru yang kami ulas ini. Ia adalah generasi ketiga Toyota Yaris atau yang lebih akrab disebut dengan Yaris lele yang mendapatkan make-over di bagian fascia depan belakang, interior dan fitur. Nah, mau tau seperti apa impresi keseluruhan kami tentang mobil ini? Simak terus ya!

Exterior

Tampilan exterior mobil ini jujur saja berubah total. Bentuk bentuk kumis serta ciri khas Yaris Lele hilang dari mobil ini. Tampangnya kini lebih dinamis dan millenial. Khusus untuk varian TRD Sportivo ia dilengkapi dengan bodykit TRD di sekujur tubuhnya yang membuat mobil ini disebut dengan “Yaris Joker” karena bodykit yang disematkan membentuk seperti mulut joker di bagian depannya.

Di bagian buritannya, Yaris ini juga jauh terlihat lebih proporsional dengan lampu pipih memanjangnya sehingga terlihat sexy dan menawan. Lebih baik dibandingkan Yaris Lele sebelumnya yang membulat panjang.

Untuk urusan velg, ia tetap dibekali dengan velg ring 16 inci dengan desain kipas dan finishing dual tone machining yang menambah sporti. Walaupun sebetulnya lebih manis desain velg motif palang lima kepunyaan Yaris Europe dibandingkan versi TRD Sportivo yang kami review ini.

Interior dan Akomodasi

Ngomong ngomong soal interior, mobil ini berubah total desain interiornya. Dasbornya kini memiliki desain trapesium yang “mungkin” ingin mengikuti Toyota CH-R. Begitu pula dengan setirnya yang sekarang sama dengan setir Toyota Altis, hanya minus Cruise Control.

Interiornya cukup atraktif dengan jok semi bucket yang supportif. Hanya saja, kami kurang suka dengan aksen merah pada jok yang terkesan “keramaian”. Akan lebih baik lagi kalau desainnya diubah menjadi lebih simpel.

Urusan akomodasi sendiri, Yaris merupakan salah satu juara di kelasnya. Karena bentuknya yang memang panjang dan lebar, mobil ini memiliki akomodasi yang baik. Orang dewasa dengan tinggi 170 -180 cm dapat dengan mudah menaiki mobil ini tanpa perlu merasa kesempitan. Begitu juga dengan bagasinya yang lebar dan luas, sangat akomodatif untuk membawa barang sehari hari. Koper dan kardus besar dapat ditelan dengan mudah oleh Toyota Yaris Joker ini.

Untuk material dan build quality interior sebetulnya sudah cukup baik. Namun sepertinya bisa ditingkatkan lagi karena kami masih menemukan panel gap yang cukup besar serta plastik plastik tipis yang gampang tergores.

 

Feature, Safety and Comfort

Berbicara soal fitur. Yaris Joker ini mendapatkan perubahan signifikan dibanding Yaris Lele. Ia dilengkapi dengan tambahan fitur safety terbaru seperti 7 Airbags, VSC, HSA, dan ESS, ISOFIX serta fitur fitur Power Mode dan Eco Mode yang pertamakali ada di sebuah Yaris.

Tidak hanya itu, Yaris kini dibekali MID full colour yang menampilkan informasi yang lengkap. Model model MID full colour yang biasanya ada di model Toyota yang lebih mahal seperti Altis, Fortuner, Camry dan lain sebagainya, kini turut disematkan di Yaris.

Sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan cruise control dan headlight full LED. Setirnya pun belum telescopic, hanya mengandalkan tilt steering. Untuk rentang harga yang hampir mendekati 300 Juta Rupiah, sudah seharusnya Toyota Yaris mendapatkan fitur fitur tersebut.

Engine

Mobil ini dipersenjatai mesin berkode 2NR-FE 1.500cc Dual VVT-i. Mesin ini dapat menyemburkan 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.200 rpm. Mesin dikawinkan dengan pilihan transmisi CVT atau manual 5 percepatan, plus paddle shift untuk versi CVT pada varian TRD Sportivo.

Baca Juga : Bocoran Toyota Avanza 2019 Telah Beredar! Seperti Apa Tampangnya?

Saat dikendarai, mesin ini jujur memberikan tenaga yang sebetulnya biasa biasa saja, namun terbantu oleh CVT Shiftmatic 7 speed nya yang memberikan respon cepat dan manual mode yang memberikan efek engine brake yang mantap

Fuel Efficiency

Untuk konsumsi BBM sendiri, Yaris ini mencatatkan 1 : 11 untuk rute dalam kota dan 1 : 14,2 untuk rute luar kota dengan kecepatan rata rata 100km/h. Catatan saja, untuk mendapatkan rata rata konsumsi BBM tersebut kami menggunakan bahan bakar Pertamax dengan metode full to full dengan cara berkendara yang selayaknya penggunaan sehari hari jadi tidak dihemat hemat, apabila jalanan kosong kami tancap gas dan apabila ramai kami berjalan normal. Cukup irit namun bukan yang paling irit di kelasnya.

Driving Impression

Sesuai judul dan peruntukan mobil ini yang lebih ke anak muda. Toyota Yaris TRD Sportivo ini menyenangkan untuk dikendarai. Suspensi mobil dan peredaman mobil sudah direvisi, sehingga kenyamanan mobil meningkat sekaligus membuat pengemudian mobil menjadi lebih rigid. Kami mengetes mobil ini di kecepatan 140 – 160 km/h dan mobil masih menurut untuk dikendalikan. Gejala “ngebuang” dan bergoyang sangat minim di mobil ini ketika dikendarai dan dibelokkan dengan kondisi yang lumayan ekstrim

Walaupun mesin 2NR nya memberikan respon yang biasa. Untungnya CVT Shiftmatic 7 speednya menyenangkan sehingga tidak ada gejala underpower.

Namun yang disayangkan adalah, isu lama pada mobil ini yaitu radius putarnya yang tinggi dan tidak bisa berbelok patah rupanya masih hadir. Hal ini tentu mengganggu karena saya yakin calon pembeli Yaris ini mengharapkan radius putarnya diperbaiki. Masak sih mobil hatchback radius putarnya kalah sama beberapa SUV diesel di sini?

Verdict 

Toyota Yaris ini merupakan sebuah mobil yang bisa dibilang merupakan sebuah major change tapi bukan ganti generasi dari generasi sebelumnya karena masih menggunakan mesin dan sasis yang sama.

Ia diberikan desain body baru yang lebih atraktif dan tidak membosankan serta beberapa body kit desain baru yang walaupun agak terlihat berlebihan namun cukup cantik.

Baca Juga : Toyota Yaris GR Sport, Yaris Eropa yang Berbeda Bentuk

Fitur fitur yang diberikan terutama fitur safetynya juga layak diacungi jempol karena membuat mobil ini menjadi salah satu yang teraman dan terlengkap di kelasnya. Walaupun sayangnya ada beberapa fitur yang seperti lupa untuk disematkan serta radius putar yang tidak kunjung membaik. Dengan harga 275.9 Juta Rupiah, overall it’s a good car to drive everyday.

 

 

 

 

Fadli Arfi
102 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *