Toyota Lakukan Uji Coba Kendaraan Otonom

Posted on

NYETIR.ID – Toyota sebagai salah satu pabrikan mobil yang besar di dunia sedang melakukan penelitian soal keamanan pada kendaraan Otonom. Sebelumnya, bagi yang tidak tahu soal kendaraan Otonom, kendaraan Otonom adalah kendaraan yang dapat dikendarai walau tanpa pengemudi/sopir.

Hal ini dilakukan Toyota berdasarkan mengingat bahwa kendaraan Otonom yang tidak memiliki pengemudi bisa saja terkena kecelakaan, dan risiko yang dialami penumpang juga sangatlah besar.

Menurut prediksi Toyota, saat  kecelakaan terjadi, bisa saja penumpang sedang bermain handphone, menelpon, menonton, membaca, dll. Berdasarkan hal tersebut, Toyota melakukan serangkaian tes ini untuk mengetahui risiko kecelakaan terhadap para penumpang kendaraan Otonom ini.

“Tujuan penelitian ini untuk menciptakan teknologi keselamatan bagi penumpang di mobil otonom agar terhindar dari kecelakaan,” ujar Jason Hallman, pemimpin pengembangan keselamatan dan kelayakan kecelakaan studi seperti diberitakan Automotive News.

Toyota sempat melakukan tes terhadap 87 sukarelawan yang memiliki postur berbeda-beda, untuk lebih mengetahui setiap respon dari postur para sukarelawan saat kecelakaan terjadi. Dan pengetesan ini dilakukan di kawasan Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat, pada 2016 hingga 2017 lalu.

Para sukarelawan diperintahkan duduk di kursi penumpang kemudian melewati manuver penyelamatan untuk menghindari kecelakaan. Tes yang dilakukan seperti perpindahan jalur secara cepat, dan pengereman mendadak. Dan, hasil dari pengetesan itu untuk mengukur bagaimana tubuh mereka bergerak saat kejadian tersebut.

Dan dari hasil pengetesan tersebut Jason Hallman berpendapat “Kami menemukan jumlah besar variasi. Sebelum ini semua orang berasumsi kami telah menemukan sesuatu, kami sudah tahu, atau kami bisa memprediksi di mana penumpang duduk,”

Dari hasil penelitian lebih lanjut didapatkan bahwa kendaraan Otonom bisa saja  mendapat ubahan pada perangkat sabuk pengaman, airbag, atau konstruksi kursi untuk menunjang  keselamatan penumpang di kendaraan otonom.

Toyota juga menyatakan akan melakukan studi lebih lanjut pada tahun ini. Dan juga, Toyota akan menerima masukan dari penyuplai komponen serta  konsumen untuk hasil yang lebih baik dari tes keselamatan ini.

Keren juga ya! Bagaimana menurut kalian?

Kontributor : Deddy Darmanto

Fadli Arfi
97 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *