Sayonara Chevrolet Captiva!

Posted on

NYETIR.id – Berbicara tentang Chevrolet Captiva tentu mobil ini adalah salah satu SUV medium asal Amerika yang cukup laris di Indonesia. Penampilan gagah dan mesin yang bertenaga tentu membuat mobil ini digemari di Indonesia.

Karena respon positif yang diberikan oleh konsumen Indonesia sejak peluncurannya di tahun 2007, General Motors Indonesia memasukkan varian bermesin diesel 2.0 VCDi bertransmisi otomatis pada tahun 2008. Tidak hanya bermesin diesel, mobil ini pun mengalami facelift di eksterior dan interior hingga tampil lebih manis.

Di tahun 2009, Captiva pun mendapatkan varian AWD yang diperuntukkan untuk konsumen yang menginginkan mobil yang tangguh dan bisa melalui medan off-road.

Berlanjut pada tahun 2011, mobil ini mengalami penyegaran total di bagian fascia dan performa mesin, mobil ini tampangnya jauh lebih muskular karena penggunaan lampu berdesain lebar khas desain Chevy kala itu.

Selain penyegaran pada eksterior, fitur-fitur Captiva bertambah cukup banyak, seperti passive smart entry, side curtain airbags, jok elektrik pada bagian pengemudi, Active Rollover protection, Electronic Stability Control, dan Hill decent Control pada tipe AWD, kemudian ada AC Dual Zone, Pengontrol AC di bagian setir. Serta torsi mesin yang meningkat dari setelan ECU yang sebelumnya 360 Nm kini menjadi 400 Nm.

Di tahun 2016, mobil ini kembali mendapatkan penyegaran total. ia mendapat desain baru dan fitur fitur safety yang makin komplit seperti side blind zone alert dan kamera mundur dengan rear cross traffic alert yang berguna untuk menghindari mobil dari belakang.

Namun tampaknya setelah perjalanannya yang cukup panjang di Indonesia, pada tahun 2017 terdengar kabar yang cukup santer bahwa mobil ini telah berhenti diproduksi dan akan berhenti penjualannya setelah stoknya habis. Disinyalir karena penjualan yang semakin melempem dengan pesaing pesaingnya yang semakin banyak dan hadirnya Chevrolet Trailblazer menjadi salah satu sebab utamanya.

Baca Juga : Chevrolet Trax Facelift Review : Crossover Canggih Penggoda Iman

Hal ini memang belum bisa dipastikan, namun menurut sumber internal kami, Chevy Captiva memang sudah dihentikan produksinya. Namun apakah ini karena ia akan kedapatan model baru yang sebelumnya sudah diluncurkan di Kolombia dan mirip Wuling SUV apakah memang akan dihentikan total? Hanya General Motors Indonesia yang tahu.

Kita lihat saja!

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *