Produksi Honda Brio Dihentikan di India, Ada Apa?

Posted on

NYETIR.id – Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Peribahasa ini rupanya cocok untuk menggambarkan kondisi small city car Honda yaitu Honda Brio.

Di Indonesia, Honda Brio termasuk salah satu mobil yang sangat laris dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang ringkas dan ada model yang masuk skema LCGC (Brio Satya) membuat mobil ini laris bak kacang goreng.

Namun hal demikian tidak berlaku di negara India. Penjualan Honda Brio di negara Bollywood ini sangatlah miris.  Menurut data yang dikutip dari ETAuto Honda Brio hanya mencatatkan penjualan sebanyak 124 unit saja. Bahkan, bulan Oktober kemarin lebih miris lagi,  mobil mungil ini hanya mencatatkan 27 unit saja sepanjang bulan, sangat jauh dibandingkan capaian Indonesia yang 200% lebih banyak.

Capaian Honda Brio di pasar India yang sangat buruk ini membuat Honda India menghentikan produksinya di sana. Dengan penghentian ini, otomatis Honda Brio tidak mempunyai penerus disana dan hanya memiliki model sebelum yang terbaru.

Gempuran dari berbagai merk pesaing di negara kari tersebut seperti Maruti Suzuki Ignis dan Hyundai Grand i10 disinyalir menjadi sebab atas penjualan Honda Brio yang sangat menyedihkan ini.

Baca Juga : Honda Hadirkan Generasi Kedua Brio di GIIAS 2018!

Apabila menilik kasus Honda Brio, ini membuktikan bahwa desain dan bentuk sebuah mobil menjadi faktor penentu utama keputusan membeli mobil bagi konsumen. Ini juga bisa dilihat dari salah satu kasus model lain seperti Suzuki Celerio di Indonesia yang sangat buruk hingga dihentikan penjualannya padahal mobil ini sangat laris di UK dan India.

Well, bagaimana pendapat kamu?

 

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *