Penjualan Wuling Confero Ungguli Honda Mobilio di Penghujung 2018!

Posted on

NYETIR.id – Tahun 2018 boleh dibilang menjadi tahun yang cukup seru untuk industri otomotif khususnya segmen LMPV. Di tahun ini banyak gempuran gempuran dari banyak pihak, semisal Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Wuling Cortez 1.5 atau LSUV yang ikutan main di pasar LMPV seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Mendekati penghujung tahun 2018, tentu tidak sah untuk menyimpulkan mana LMPV yang mendapatkan penjualan paling banyak serta fakta fakta menarik lainnya.

GAIKINDO telah merilis data penjualan LMPV di bulan November ini, hasilnya? Tentu sudah bisa ditebak bahwa Toyota Avanza bercokol di paling atas dengan raihan 6.993 unit. Di posisi ke dua ada Mitsubishi Xpander sebagai lawan terberatnya yang pernah mengungguli penjualan Avanza di beberapa periode yaitu dengan raihan 5.094 Unit.

Posisi berikutnya diraih oleh All New Suzuki Ertiga dengan raihan sebanyak 2.288 unit lalu dilanjut dengan Daihatsu Xenia dengan angka 2.271 unit. Lalu yang menarik adalah posisi kelima diraih oleh Wuling Confero dengan penjualan sebanyak 1.046 unit. Hal ini tentu menarik, terlebih lagi mobil ini berhasil menyalip penjualan Honda Mobilio yang bercokol di posisi ketujuh dengan torehan 837 unit.

Posisi terakhir tentu sudah bisa ditebak yaitu Nissan Grand Livina dengan penjualan sebanyak 89 unit.

Kesimpulan

Dari hasil penjualan ini, bisa disimpulkan bahwa Toyota tetap merajai pasar karena jumlah produksinya yang terus digenjot sebelum meluncurkan Avanza baru di tahun 2019 atau karena Avanza masih menjadi top of the mind masyarakat Indonesia. Mitsubishi Xpander yang mulai stabil penjualannya karena kenyamanan dan desain yang ditawarkan.

Yang menarik justru ada di kasus Wuling Confero. Untuk pertamakalinya mobil asal Tiongkok bisa mengalahkan penjualan mobil Jepang di Indonesia. Ini juga disebabkan karena harga Confero yang paling terjangkau dan komitmen SGMW dalam menghadirkan purnajual produk Wuling di Indonesia.

Baca Juga : Wuling Cortez Dapatkan Varian Turbo dan Mild Hybrid di China!

Honda Mobilio sendiri dikalahkan Wuling Confero bisa jadi karena facelift yang dilakukan kemarin terasa agak hambar dan harga yang dipasang cukup tinggi ketimbang fitur yang ditawarkan. Sedangkan untuk Nissan Grand Livina sendiri sudah jelas membutuhkan model baru yang benar benar berubah total ( All New ) karena kejenuhan publik terhadap modelnya.

Well, pasar LMPV memang paling seru untuk dibicarakan karena pembelinya paling banyak! Bagaimana menurut kamu?

Fadli Arfi
102 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *