Menilik Kegalauan Nissan Menjual Infiniti di Indonesia

Posted on

NYETIR.ID – Nissan Motor Indonesia (NMI) telah diketahui resmi menghentikan penjualan mobil mewah Infiniti, tidak akan ada lagi mobil Infiniti baru yang akan diimpor oleh NMI nantinya. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Eiichi Koito selaku Presiden Direktur NMI menjelaskan bahwa pihaknya tidak lagi menjual mobil baru Infiniti. Stok unit lama dikatakan tidak akan ditambah, atau dalam artian lain NMI berhenti memasok unit impor.

Bahkan dealer Infiniti satu-satunya pun yang sudah ada sejak tahun 2011, dimana Infiniti mulai diperkenalkan di Indonesia yang ada dibilangan Jalan TB Simatupang Kavling 3B, Jakarta Selatan, tercatat sudah tidak beroperasi sejak bulan Mei lalu. Dan berubah menjadi dealer Suzuki.

Namun, memang Infiniti tidak benar-benar menghilang begitu saja dari pasar Indonesia. Mobil-mobil Infiniti yang telah terjual sebanyak total 126 unit sejak 2011 yang pernah dijual, tetap dapat di servis secara resmi di dealer Nissan-Datsun. Dan,  dealer Nissan-Datsun yang nantinya akan memegang servis Infiniti ini berada tidak jauh dari dealer Infiniti Pondok Indah.

“Kami sekarang tidak menjual mobil baru, tapi kami melanjutkan purna jual. jadi sebenarnya merek infiniti masih tersedia di indonesia,” ujar Koito.

Sepertinya memang belum ada langkah pasti dari NMI untuk Infiniti kembali ke pasar Indonesia, terlihat dari keterangan yang diberikan .

“Jadi kami tetap seperti ini, kami tidak bisa membicarakan masa depan tetapi tentu saja dalam hal pasar dan masyarakat, tentu saja ada kemungkinan kami kembali. Tetapi hari ini kami tidak bisa bilang iya atau tidak,” ujar Koito.

Memang belum diketahui secara jelas mengapa NMI tidak melanjautkan penjualan Infiniti. Namun, mungkin alasan terkuat adalah masalah persaingan dagang yang kalah dari rival-rival sekelasnya. Seperti yang diketahui mobl-mobil Infiniti berharga diatas  Rp1 miliar rupiah. Dan hal ini cukup sulit untuk bersaing dengan merk lain sekelasnya seperti Lexus, Mercedes-Benz, ataupun BMW yang memiliki harga banderol lebih murah sedikit dari Infiniti.

Tercatat hasil penjualan Infiniti sejak 2011-2018 Infiniti hanya terjual 128 unit saja:

2011: 56 unit

2012: 36 unit

2013: 16 unit

2014: 8 unit

2015: 9 unit

2016: 1 unit

2017: 0 unit

2018: Tidak terdaftar

Kontributor  : Deddy Darmanto

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *