Mengintip DFSK iX5: Calon Pesaing Wuling SUV

Posted on

NYETIR.id – DFSK atau Dongfeng Sokon kini tengah mempersiapkan mobil baru untuk dijual di Indonesia. Berdasarkan keterangan yang kami dapat dari pihak DFSK, produk baru yang dinantikan ini berwujud SUV.

Meski tidak secara gamblang dijelaskan jenis dan spesifikasinya, kami menduga dia adalah Dongfeng iX5. Hal ini terkait dengan rencana Wuling yang akan segera menjual SUV di tahun 2019.

Diperkenalkan April, baru akan dijual Q4 2018

Dongfeng iX5 diperkenalkan pada April lalu melalui acara Beijing Auto Show 2018. SUV crossover asal Tiongkok ini menggantikan Glory 580 sebagai model flagship andalannya.

Sekilas iX5 terlihat nampak lebih SUV perkotaan yang tidak terlalu gagah namun lebih manis dan elegan. Penampilannya pun sangat modern dengan aksen dan lekukan yang mengingatkan pada Mazda CX-5. Ini karena iX5 memang diposisikan sebagai crossover yang kental dengan nuansa mobil perkotaan.

Interior sporty dengan flat-bottom steering wheel

Pada bagian interiornya kesan mewah sangat kental terasa, nuansa sporty juga ditunjukkan dengan garis-garis tegas dan sudut tidak simetris yang berorientasi pada pengemudi.

Dongfeng iX5 tersedia dengan pilihan mesin 1.800 cc N/A dengan output tenaga 139 hp dan torsi 187 Nm serta mesin 1.500 cc turbo dengan output tenaga150 hp dan torsi 220 Nm.

Baca Juga : DFSK Berencana Bawa Produk Baru Ke-Indonesia, Saingan Wuling SUV?

 

Diduga mesin yang digunakan pada Dongfeng iX5 adalah unit mesin yang sama digunakan oleh Glory 580 namun dengan perbedaan pada mapping ECU. iX5 akan tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi CVT.

Baidu Apollo, sistem operasi canggih yang mendukung autonomous driving

Menariknya iX5 yang dijual di negara asalnya sudah dilengkapi dengan Baidu Apollo. Apollo sendiri adalah artificial intelligence yang memungkinkan mobil dikendarai secara autonomus.

iX5 rencananya akan mulai dijual akhir tahun ini di China, dengan harga mulai 100.000 Yuan atau sekitar Rp 215 juta. Harga ini sangat mirip dengan Baojun 530 (Wuling SUV) yang sudah mulai dijual di China.

Selain iX5, DFSK sendiri sudah berencana akan membawa beberapa SUV lainnya seperti yang ramai diberitakan awal tahun 2018. Menurut bocoran gambar, iX5 ini menjadi salah satu yang akan dibawa ke-Indonesia.

Kami prediksi iX5 belum akan dijual dalam waktu dekat mengingat DFSK saat ini tengah fokus dalam mengembangkan layanan dan purnajual di Indonesia.

Avicena Pratikto
25 Posts

Author: Avicena Pratikto

Penyuka BMW, Mercedes-Benz, dan mobil Eropa serta mobil-mobil CBU lainnya termasuk Carawang Built-Up.

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *