Mau Mobil Ceper Biar Keliatan Keren? Nih Caranya!

Posted on

NYETIR.id – Setiap pabrikan mobil, baik dari merk Eropa, Jepang, Korea, dsb, pasti sudah memperkirakan dengan hitungan matang jarak batas aman dari tinggi mobil tersebut dengan aspal jalanan. Namun, terkadang batas aman dari pabrikan tersebut justru membuat tampilan mobil tersebut kurang sedap untuk dipandang.

Memang hasilnya aman, namun mungkin untuk beberapa orang akan merasa tampilan mobil kurang enak untuk dipandang. Karena alasan itu, banyak sekali orang yang memodifikasi mobilnya agar jarak dari body mobil ke jalan lebih rendah isitilahnya di”ceperin” agar mobilnya terlihat lebih proper.

Nah, bagi kalian yang merasakan hal tersebut, tidak usah khawatir. NYETIR.id punya tips nih buat kalian yang mau mobilnya terlihat lebih ceper.

Didunia modifikasi, ada beberapa cara yang paling sering digunakan untuk membuat tampilan mobil kalian lebih ceper nih. Ada cara paling murah, hingga yang menggunakan alat canggih untuk mengatur tinggi rendahnya mobil. Cekidot terus!

1. MEMOTONG PER BAWAAN MOBIL

Cara ini adalah cara paling ekonomis dibanding cara lainnya. Yang dimaksud dengan memotong per bawaaan mobil adalah, per bawaan pabrik yang ada dimobil kalian nantinya akan dimodifikasi dengan cara dipotong sebagian dari ulir per tersebut sesuai dengan keinginan kalian mau turun berapa sentmeter dari tinggi asli mobil, dan jika per dipasang kembali, dudukan mobil akan lebih rendah dari yang seharusnya, yang menjadikan mobil tersebut ceper.

Meskipun cara ini cenderung simpel dan murah, cara ini tidak dianjurkan, karena kalian tidak bisa mengembalikan kondisi mobil kalian seperti semula, dan tentunya garansi mobil akan hangus.

Jika kalian menggunakan cara ini, kalian hanya perlu membayar jasa pemotongan pernya saja dengan harga sekitar Rp200-400.000,- dan kalian bisa melakukannya di bengkel-bengkel per yang biasanya ada di pasar-pasar mobil. Tetapi ingat, NYETIR.id nggak menyarankan cara ini ya guys!

2. PER CUSTOM / PER AFTER MARKET

Cara yang kedua ini adalah cara paling aman dan terjangkau juga untuk membuat mobil kalian ceper. Bagi kalian yang bingung apa sih per custom? Jadi, per custom adalah per copotan mobil lain yang nantinya akan dimodifikasi untuk dipakai dimobil kita. Jadi kalian tidak perlu mengorbankan per bawaan mobil kalian untuk dipotong.

Nah, sama halnya dengan per aftermarket, namun bedanya adalah jika per custom mengambil dari per copotan mobil lain, kalau per aftermarket menggunakan per yang memang diproduksi pabrik untuk menggantikan per standar bawaan mobil kalian namun dengan profil yang memang dibuat lebih pendek dari per standar mobil.

Untuk merk per aftermarket sendiri bermacam-macam, contoh yang biasanya beredar dipasaran adalah Eibach, Tein, Triple S. Untuk harga sendiri bervariasi, biasanya per custom dihargai Rp1-1,5 juta rupiah. Dan untuk per after market dihargai dengan harga sekitar Rp2,2-5 juta rupiah.

3. COILOVER

Nah, cara ketiga ini dijamin aman banget nih, tidak perlu potong-potong per lagi, Cuma tinggal diputer. Hah? Kok diputer? Apanya yang diputer? Eits jangan pusing dulu soal muter-muter. Jadi coilover ini biasanya sudah sepaket dengan dengan shockbreaker dan per. Jadi kalian bisa simpan shock dan bawaan standar kalian. Lalu langsung pasang dengan coilover.

Nah yang tadi dimaksud puter itu adalah dudukan per yang ada di shock breakernya. Layaknya kita memutar baut, dudukan dari coilover ini memiliki cara kerja yang sama juga. Jadi memungkinkan kita untuk menaikan atau menurunkan mobil dengan cara memutar dudukan dari per tersebut. Dan beberapa merk coilover juga memungkin pengguna untuk mengatur empuk dan kerasnya bantingan shockbreaker loh. Namun, harga dari coilover ini cukup mahal yaitu sekitar Rp 3,5-70 juta rupiah, tergantung merk yang kalian beli.

4. AIR SUSPENSION / AIRSUS

Nah cara terakhir adalah air suspension / airsus. Cara ini kalau boleh dibilang adalah cara paling keren sekaligus mahal untuk ceperin mobil kalian karena sangat memungkinkan mobil kalian hinggal nempel ke aspal.

Kok bisa? Nah begini penjelasan singkatnya. Air sus tidak lagi menggunakan per, melainkan balon-balon udara yang nantinya akan menggantikan per. Balon yang buat ulang tahun? Jelas bukan dong. Balon udara yang dimaksud menggunakan bahan yang kuat sehingga mampu untuk menahan beban mobil.

Jadi, airsus ini memiliki kompressor udara yang menghasilkan angin bertekanan tinggi yang nantinya angin tersebut akan disimpan di sebuah tabung. Lalu dari tabung tersebut disalurkanlah ke balon-balon yang menggantikan per tadi.

Dan yang keren adalah, air sus memungkinkan penggunanya untuk menaikan dan menurunkan mobil hanya dengan modul atau bahkan smartphone. Jadi tidak perlu buka ban, ataupun ke tukang per. Jika kalian ingat scene Fast and Furious 7 saat Brian O’connor naik GTR terus tiba-tiba mobilnya ceper sendiri, nah, mobil itu pasti mengunakan airsus. Jika kalian mau mengunakan airsus dimobil kalian, kalian harus merogoh kocek agak dalem nih, harga airsus paling murah adalah Rp23 juta rupiah.

Jadi, itulah cara-cara buat ceperin mobil kalian sesuai budget kalian. Kalian sendiri mau pakai cara yang mana nih?

Kontributor : Deddy Darmanto

Fadli Arfi
97 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *