Masalah Hak Cipta, TATA Ganti Nama Harrier !

Posted on

NYETIR.id – Ya, Harrier ganti nama! Pasti kalian penasaran kan mobil yang namanya udah eksis dimana-mana sebagai mobil yang termasuk mobil mewah kok ganti nama segala, eits! Tunggu dulu, bukan Harriernya Toyota yang ganti nama kok. Tapi Harriernya Tata Motors yang ganti nama.

Rencananya Tata Motors akan merilis SUV barunya yang dinamakan Harrier pada tahun 2019 mendatang. Namun, mungkin jalan Tata untuk merilis mobil tersebut tidak akan mulus begitu saja hingga saatnya dirilis nanti. Tata Motors diharuskan untuk mengganti nama mobil keluaran terbarunya tersebut, karena dituding nama “Harrier” yang dipakai Tata itu melanggar hak cipta dari Toyota.

Dikutip dari pemberitaan oleh Driverspark, alasan di balik penggantian nama Tata Harrier adalah berkaitan dengan copyright, di mana seperti diketahui bahwa Toyota sudah menjual medium crossover yang dinamai Harrier sejak tahun 1997 silam.

Tata Motors dituding meniru nama “Harrier” tersebut dan dipaksa untuk mengganti nama dari SUV  miliknya, sebelum Tata merilis dan mulai menjual mobil tersebut diawal tahun 2019. Tetapi, sepertinya masalah tersebut sudah memiliki titik terangnya,

Tata dikabarkan mengganti nama “Harrier” menjadi “Circinae”. Well dari sebagian banyak nama didunia mengapa Tata masih menggunakan nama “Harrier” ya?. Padahal sudah jelas itu nama mobil yang familiar. Ahh,  tapi sudahlah yang penting masalahnya kan sudah selesai. Lanjut.

Sebenarnya Tata Harrier Circinae ini sangat dinanti di India. Mobil ini juga lahir dari konsep Tata H5X yang muncul pada pameran otomotif Auto Expo 2018. Dan juga mobil ini mengandalkan platform berbasis OMEGA yang juga digunakan pada mobil sekelas Land Rover Discovery Sport.

Dan dari kabarnya, mobil Tata Circinae ini akan menggunakan mesin diesel 2.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga sekitar 140Ps dan torsi sebesar 320Nm yang disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan dengan sistem penggerak all-wheel-drive, dan untuk varian transmisi otomatis SUV ini menggunakan transmisi otomatis enam percepatan milik Hyundai.

Lagian ada ada saja sih Tata, jadi ribet sendiri kan! Bagaimana menurut kalian?

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *