Lexus ES Generasi Ketujuh Mencapai Level Baru dalam Performa

Posted on

Jatuh cinta pada pandangan pertama adalah kesan yang mungkin terlihat dari tampilan luar mobil sedan Lexus ES generasi baru, sebuah hasil karya baru persembahan Lexus bagi para penikmat-nya. Lebih daripada tampilan luar-nya, generasi ketujuh ES tahun ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang sangat lengkap untuk mobil sekelas di segmen-nya. Teknologi tinggi yang tersedia di dalam model baru ES ini dapat menampung gaya hidup yang berorientasi dengan kata praktis dan efisien.

Setelah sukses dengan enam generasi di dalam kategori medium-luxury sedan, tahun ini Lexus ES kembali hadir pertama kali di Asia Tenggara lewat perhelatan acara Gaikindo International Auto Show (GIIAS 2018). ES Full Model Change kali ini memiliki ambisi yang lebih tinggi dan terobosan cemerlang.

Terkenal dengan kenyamanan, kesempurnaan, dan kemewahan yang tidak tertandingi, generasi ketujuh Lexus ES dibuat dengan kerangka yang baru secara keseluruhan, sehingga menghasilkan kesenyapan kabin mobil yang sangat maksimal, tampilan eksterior lebih dinamis, juga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Mewakilkan kendaraan ketiga dalam babak masa depan dari Lexus Visionary Anticipation yang diawali oleh LC coupe dan LS sedan, The Entirely-New ES memperluas visi Lexus di masa mendatang kepada penikmat yang lebih beragam. ES brand loyalist akan melihat bahwa Lexus ES baru ini memiliki ruang yang lebih luas, lebih sunyi, dan sangat aman dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sedangkan konsumen yang baru mengenal Lexus ES akan merasakan mobil sedan dengan kinerja mesin yang luar biasa, teknologi keamanan yang terbaik di kelas-nya, serta tidak lupa dilengkapi dengan craftmanship tingkat tinggi yang jarang ditemukan dalam mobil lain di segmen-nya.

Dimensi Baru dari Desain Lexus ES
Dibuat berdasarkan platform baru bernama Global Architecture – K (GA-K), ES edisi kali ini mendorong batasan desain di dalam kelas sedan mewah. Model ES kali ini lebih panjang (+65 mm), lebih rendah (-5 mm) dan lebih lebar (+15 mm) dibandingkan dengan model sebelumnya, kali ini oleh roda yang telah didorong kesudut berkat wheelbase yang lebih panjang 50mm. Dari tampilan eksterior-nya akan memberikan ES penampilan yang menarik dan tidak dapat dilupakan, membuat seluruh mata melirik untuk yang kedua kalinya.

Project Chief Designer, Yasuo Kajino, mendeskripsikan tampilan ES dengan dua kalimat, yaitu “Provocative Elegance”. “ES selalu menjadi sedan mewah nan elegan. Untuk generasi ini, kami telah menambahkan elemen desain berani yang menantang harapan client pada umumnya. ”

Untuk menciptakan bentuk dinamis, tim Kaijino menggunakan kap mesin rendah di platform ES baru untuk menghasilkan siluet khas yang ditekankan oleh kemiringan atap bagian belakang ke bawah yang agresif. Di bagian depan, ES menawarkan sebuah desain grille vertikal yang menambah kesan elegan, berbeda dengan desain grille model Lexus lainnya.

Perbedaan lainnya dengan model ES dari masa lalu, desain generasi ketujuh menggunakan fast roofline yang menekankan pada posisi yang lebih rendah dan aerodinamis yang halus. Bagian belakang bersih dan tajam dipahat, dengan LED tailamps yang membungkus panel seperempat untuk memberikan garis styling berkelanjutan dari sudut manapun. Selusin warna membentuk palet cat eksterior termasuk dua nuansa baru, satu hijau dan satu warna krem, yang khas.

Ice Ecru dirancang untuk meniru cahaya yang memantulkan salju segar, sementara Sunlight Green mereplikasi warna air laut yang diterangi oleh matahari.

Masa Depan Interior Lexus

Saat mendesain tampilan dan nuansa interior ES, tim Kajino memulai dengan konsep Interior Masa Depan Lexus yang memadukan kokpit yang driver-centered dengan area yang luas dan nyaman untuk penumpang depan. Di dalam ES, fokus pengemudi diarahkan di jalan depan dengan menempatkan 12,3” Center Display Screen, panel instrumen, dan Heads Up Display yang tersedia dalam satu kelompok bidang pandang pengemudi.

Penumpang depan, di sisi lain, mendapatkan lingkungan yang lebih terbuka dan luas yang mendorong relaksasi.

Kenyamanan kursi penumpang belakang telah lama menjadi ciri khas ES dan model generasi ketujuh masih memprioritaskan kemampuan penumpang belakang meskipun garis atap eksterior lebih ramping. Generasi ketujuh ES sudah dilengkapi dengan rear reclining seat yang memfasilitasi kenyamanan maksimal bagi penumpang belakang.

Titik pinggul yang lebih rendah dan headliner yang dikonfigurasikan dengan hati-hati menjaga ukuran headroom sementara wheelbase yang lebih panjang dapat memberikan ruang kaki yang lebih lapang daripada ES generasi sebelumnya.

Era Baru Dalam Kinerja Mesin
Tim engineering yang dipimpin oleh Yasuhiro Sakakibara (Chief Engineer ES) memiliki satu tujuan yang jelas untuk ES, yaitu: mengubah citra ES. Itu berarti mengubah sedan yang dikenal terutama untuk kenyamanan dan ketenangan menjadi satu mobil yang mampu memberikan pemeliharaan dan tenaga berkelas yang dapat anda rasakan dan dengar.

Menurut Sakakibara, ES ini dibangun untuk memberikan higher performance daripada pendahulunya. “Kami tahu bahwa ES ini harus terasa responsif dan mudah dikendarai, tidak peduli apa pun jalannya dan itu hanya dapat dicapai dengan fondasi yang kuat.”

Sebagai titik awal bermula dari GA-K chassis yang baru dikembangkan. Ini adalah front-wheel chassis yang sangat kuat, yang menyaingi platform penggerak roda belakang GA-L yang digunakan untuk coupe LC dan sedan LS dalam hal kekakuan torsional. Berbagai kelas baja high-tensile mengurangi berat mobil ini dibandingkan dengan platform sebelumnya, sementara peningkatan tambahan seperti all-new multi-link rear suspension design, rack-mounted electric power steering dan V-brace yang dipasang di belakang kursi belakang memberikan fleksibilitas kepada teknisi untuk menyesuaikan ES dengan tingkat presisi yang baru ditemukan.

Semua peningkatan chassis dirancang untuk memberikan rasa prediktabilitas yang menghibur ditambah dengan perasaan respons cepat terhadap setiap gerakan. Yoshiaki Ito, Chief Test Driver untuk Lexus, menggambarkan peningkatan definisi kenyamanan yang disempurnakan untuk ES dengan mengatakan: “Kami ingin setiap jenis pengemudi merasakan kendali penuh ketika mereka berada di belakang kemudi ES. Ini adalah tingkat kenyamanan yang melampaui sekadar memberikan perjalanan yang mulus. ”

Generasi Keempat Hybrid Drive System
Generasi baru, Hybrid Drive System generasi keempat berpasangan dengan mesin gas yang sangat efisien, Atkinson cycle 2,5 liter, empat silinder dengan motor listrik padat yang lebih ringan, lebih kompak, lebih kuat dan sistem hibrida self-charging. Kolaborasi mereka menghasilkan daya 215 horsepower.

Mesin baru, mesin empat silinder 2.5 liter menggabungkan teknologi pembakaran cepat yang membuatnya menjadi salah satu mesin paling efisien yang pernah ditawarkan di Lexus. Hasilnya adalah lebih banyak tenaga tanpa meningkatkan emisi atau konsumsi bahan bakar. Berbagai metode digunakan untuk mencapai hasil yang mengesankan termasuk straight intake ports, sudut katup yang ditingkatkan dan kursi katup yang dilapisi laser.

Pompa oli kapasitas variabel, multihole injector, VVTi-E pada katup intake dan sistem pendingin variabel juga berkontribusi pada panas mesin dan manajemen pembakaran yang mengesankan.

Secara keseluruhan drivability dari ES 300h telah ditingkatkan berkat komputer kontrol sistem hibrida yang lebih canggih yang lebih mampu meniru nuansa dan tenaga delivery dari mesin gas standar. Baterai hidrida logam nikel baru lebih kecil dari sebelumnya yang memungkinkannya dipasang di bawah kursi belakang sehingga tidak mengganggu ruang bagasi.

Teknologi Yang Mempermudah
Stay connected adalah sesuatu yang penting bagi pemilik ES, pada era ini ada banyak cara untuk terhubung dengan teknologi dengan cara yang aman dan nyaman.

Sistem navigasi termasuk tampilan layar lebar 12,3 inci yang mudah dibaca, bersama dengan set data on-board, sistem navigasi juga mampu menerima pembaruan over-the-air untuk peningkatan rute dan Points of Interest (POI) terbaru.

Selain tampilan layar yang lebar, penumpang akan selalu terhibur dengan kualitas musik yang luar biasa dari 17 speakers Mark Levinson Pure Play. The Entirely-New Lexus ES sudah dilengkapi dengan Power Kick Trunk, yang memudahkan pengguna untuk membuka bagasi belakang tanpa menyentuh bagian katup bagasi. Sama seperti model Lexus lainnya, ES generasi ketujuh sudah dilengkapi dengan fitur Head-Up Display dan juga kamera 360 derajat untuk memfasilitasi pengemudi dalam menyetir mobil ini.

Chapter Selanjutnya untuk ES
Sama seperti flagship LS, The Entirely-New ES menjawab kebutuhan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Ini memberikan semua yang diharapkan oleh pembeli Lexus tradisional bersamaan dengan elemen lain yang akan menarik mereka yang belum mempertimbangkan Lexus sebelumnya. Gaya yang lebih berani, kinerja yang lebih dinamis, bahan kabin yang unik, dan teknologi terbaru menambahkan bab untuk kisah ES yang belum diceritakan, tetapi semuanya berubah pada 2018.

Spesifikasi

Handi Cahyono
11 Posts

Author: Handi Cahyono

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *