Jeep Wrangler JL Meluncur di Indonesia, Pakai Mesin 4 Silinder!

Posted on

NYETIR.id – Beberapa waktu lalu tentu bagi kalian yang berdomisili di daerah Jakarta sudah mengetahui akan peluncuran Jeep Wrangler terbaru berkode JL yang sengaja dibawa keliling Jakarta tetapi di tutupi oleh box.

Pada tanggal 1 Desember 2018, Jeep Wrangler JL ini akhirnya dibuka dari kotaknya dan diperkenalkan kepada publik Indonesia di Kemang Village.

Wrangler JL yang merupakan model yang penerus generasi Wrangler JK ini dibekali dengan berbagai ubahan yang signifikan.

Desain pada Wrangler JL terbaru ini sekarang terlihat lebih modern dan sleek jika dibandingkan dengan model sebelumnya yaitu JK. Kalah sangar karena desainnya sudah membulat dan banyak garis garis yang tidak kotak lurus tegas seperti pendahulunya misalkan Jeep TJ dan YJ.

Untuk bagian interior, mobil ini memiliki banyak ubahan tetapi karena desain yang mengikuti heritage membuat ubahan ini seperti tidak terlihat beda dengan Wrangler JK . Yang paling jelas terlihat adalah dasbor nya yang sekarang menganut flat design dan setir yang memiliki desain baru yang terinspirasi dari Jeep CJ series.

Yang menarik adalah pengunaan mesin di Jeep Wrangler JL ini. Jika sebelumnya di JK menggunakan mesin Pentastar 3.600cc 6 Silinder, Wrangler JL ini malah menggunakan mesin FCA terbaru yang digunakan juga di Alfa Romeo Stelvio dan Giulia yaitu unit 2.000cc 4 Silinder Turbo.

Bedanya jika di Alfa Romeo settingan ECU dan desain cylinder headnya disetel untuk RPM tinggi, di Jeep ini keduanya disetting untuk RPM rendah karena memang peruntukannya di medan offroad yang mementingkan tenaga merayap pada putaran bawah.

Mesin ini dilengkapi dengan sistem mild hybrid eTorque dan dikawinkan dengan girboks otomatis 8 Speed dengan Transfer Case DANA 44 dengan LSD.

Baca Juga : Jeep Renegade Terbaru Hadir Dengan Mesin Yang Lebih Mungil

Penggunaan mesin baru ini sebetulnya apabila ditilik dari segi power lumayan bertenaga yaitu tenaga yang tadinya 285 dk turun jadi 270 dk, namun torsinya justru melonjak dari 353 Nm jadi 400 Nm. Namun sebetulnya mesin ini sedikit mencederai hakikat Jeep Wrangler yang biasanya memakai mesin berdisplasemen besar dan memiliki suara gahar.

Well bagi kamu para purist Jeep dan para penganut “No Replacement for Displacement” bagaimana pendapatnya?

 

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *