Ini Alasan Suzuki Jimny Tidak Dijual di GIIAS 2018

Posted on

Suzuki Jimny generasi terbaru tampil di GIIAS sebagai sebuah mobil konsep, meski demikian bentuknya sudah sangat produksi massal. Kapan akan dijual di Indonesia?

Tangerang, NYETIR.id – Suzuki Jimny sudah menampakkan batang hidungnya di pembukaan gelaran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Kamis (2/8) di ICE-BSD, Tangerang Selatan. Meski demikian ia masih belum bisa dipesan dan dipajang dengan title Jimny Concept.

Ini karena Jimny Concept yang dipamerkan merupakan unit yang didatngkan langsung dari Jepang. Sebelumnya Jimny dan Jimny Sierra baru diluncurkan di Jepang beberapa waktu lalu. Meski demikian spesifikasi Jimny yang dipamerkan sudah disesuaikan dengan selera pasar Indonesia.

“Saat ini Suzuki Jimny masih dalam tahap survey.” ujar Seiji Itayama selaku Presiden Direktur PT. Suzuki Indomobil Sales saat konferensi pers di GIIAS. “Jika banyak peminat tidak menutup kemungkinan akan dijual di Indonesia tahun depan.” lanjutnya.

Diketahui spesifikasi Suzuki Jimny Concept mirip seperti dengan Jimny Sierra untuk pasar Jepang (Japan Domestic Market). Mesin yang diusung adalah K15B dengan opsi transmisi manual atau otomatis keduanya 5-percepatan.

Menurut tenaga penjual Suzuki yang bertugas di booth Suzuki GIIAS, harga Jimny jika jadi dijual di Indonesia tahun depan tidak lebih dari Rp 288 juta. “Sampai hari ini (Press and VIP day) sudah lebih dari 100 orang yang berminat.” imbuh tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya tersebut.

“Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) kami ingin mendengar pendapat masyarakat di Indonesia tentang Jimny yang masih concept ini.
Survey ini nantinya akan jadi dasar studi apakah Jimny nantinya akan diproduksi di Indonesia.” tambah Seiji.

Suzuki Jimny ini diharapkan bisa dijual di Indonesia untuk mengulang kesuksesan Jimny sebelumnya, meski kali ini Jimny tidak dapat dijual dengan harga yang murah seperti dahulu kala. “Kami ingin mengulang kesuksesan legenda Jimny 4×4 dan Katana 4×2 seperti yang dulu, kali iniproblemnya adalah pajak yang berimbas ke penghitungan harga jual.” ujar Subronto Laras, Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International pada saat yang bersamaan.

Nampaknya kali ini Suzuki serius akan berjualan Jimny di Indonesia. Setelah sebelumnya Jimny generasi ketiga hanya dijual sebagai pemuas bagi penggemar sebanyak 88 unit pada tahun 2017 lalu.

Avicena Pratikto
25 Posts

Author: Avicena Pratikto

Penyuka BMW, Mercedes-Benz, dan mobil Eropa serta mobil-mobil CBU lainnya termasuk Carawang Built-Up.

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *