Hal Penting yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Baru!

Posted on

NYETIR.id – Membeli sebuah barang yang relatif mahal atau tinggi harganya dibandingkan dengan kebutuhan lain seperti mobil tentu menjadi sebuah kebahagiaan yang tak terhingga bagi kebanyakan orang.

Banyak dari kita yang menanti nantikan kedatangan mobil baru diantar ke tempat tinggal dengan penuh sukacita. Terbayang dong, uang hasil kerja keras yang sudah kamu kumpulkan sejak lama terbayar dengan sebuah mobil baru mulus yang akan segera kamu dapatkan?

Euforia memang tidak bisa dihindarkan, apalagi begitu melihat truk pengantar mobil datang mendekati tempat tinggal kamu. Mulusnya mobil baru, wangi khas interior mobil yang masih dibungkus plastik pasti terbayang di pikiran kamu, betul tidak?

Namun dibalik euforia itu, ada hal hal yang harus kamu perhatikan sehabis membeli mobil baru. Jangan sampai baru beberapa hari euforia kamu sudah hilang karena mobil baru yang kamu dapatkan ternyata bermasalah atau gores gores karena terkena kerikil jalan. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk mari simak terus!

  • Cek Kondisi Fisik secara Teliti

Ketika kamu mengambil mobil baru kamu atau menerimanya melalui truk pengiriman. Pastikan kamu mengecek secara detil apapun bagian dari fisik mobil kamu. Jangan sampai ada cacat bawaan seperti goresan dalam, penyok ataupun ketidakpresisian pemasangan.

Biasanya pihak dealer sudah mengecek mobil sebelum dikirimkan ke konsumen. Tapi tidak menutup kemungkinan ada hal yang terlewat oleh mereka. Apabila kamu menemukan adanya cacat bawaan, segera minta ganti unit baru oleh dealer sehingga kamu mendapatkan barang yang terbaik.

  • Cek Detail dan Aksesoris

Sesudah mengecek kondisi fisik. Jangan lupa untuk mengecek hal hal detail dan bonus aksesoris yang disepakati saat membayar mobil baru kamu. Biasanya pihak dealer sudah menentukan bonus aksesoris apa yang akan mereka berikan di awal.

Pastikan kamu mengeceknya secara teliti apakah detail dan bonus aksesoris itu sudah terpasang di mobil kamu. Jangan sungkan untuk memintanya apabila bonus tersebut belum diberikan.

  • Lakukan Test Drive Singkat

Walaupun sebelumnya kamu sudah mencoba mobil itu disaat memutuskan keputusan membeli. Kamu tetap harus mencoba mobil yang dikirimkan ke kamu, pastikan semua fungsi dari mobil berjalan dengan semestinya.

Jangan ragu untuk bertanya kepada sales apabila ada fungsi fitur mobil yang tidak kamu mengerti atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Cek Surat Surat dari Dealer

Mobil baru biasanya masih membutuhkan waktu untuk pengurusan surat surat hingga mobil itu siap dikendarai di jalan raya. Untuk sementara, dealer biasanya memberikan surat jalan sementara (STCK) agar mobil dapat dipakai sementara menunggu surat surat final seperti STNK dan BPKB selesai dibuat. Pastikan kamu mendapatkan surat surat ini agar kamu bisa memakai mobil baru kamu dengan segera.

  • Lindungi Cat Mobil dengan Perawatan Khusus

Cat mobil yang masih baru tentunya sangat mulus dan memiliki warna yang sangat cemerlang. Kalau kamu mau mobil kamu terus mulus dan kinclong seperti baru, ada baiknya kamu langsung memberikan paint protection ketika mobil kamu dalam kondisi baru.

Hal ini tentu sangat baik karena kondisi mobil baru biasanya masih sangat mulus dan minim goresan sehingga biaya paint protection yang dilakukan akan lebih murah. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Nah itu dia lima hal yang harus kamu lakukan sehabis membeli mobil baru, Euforia boleh, tetapi Teman Nyetir jangan sampe lupa hal hal penting ini ya!

 

Fadli Arfi
102 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *