First Impression : Nissan Terra 4×4, Navara Berbodi SUV!

Posted on

Tangerang, NYETIR.id – Pasar SUV ladder frame akhir akhir ini tambah semarak dengan kehadiran pemain baru dari Nissan yang bernama Nissan Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018.

Model yang diambil dari basis Nissan Navara NP300 ini memiliki bahasa desain yang hampir mirip dengan SUV ladder frame kebanyakan, dia gagah, tinggi dan memiliki mesin diesel yang bertorsi besar.

Lalu apa sih yang spesial dari Nissan Terra sebagai pemain SUV ladder frame terakhir yang meramaikan pasar Indonesia? Yuk mari simak ulasan singkat tentang first impression terhadap Nissan Terra ini!

Looks

Secara penampilan, tidak ada yang salah dengan SUV diesel ini. Sosoknya gagah serta berkesan mahal. Dengan desain lampu depan LED dengan DRL khas Nissan juga makin memperkuat kesan ini. Namun, ada satu yang agak mengganjal mata kami, penggunaan warna abu abu terang pada grille agaknya membuat kesan kurang matching dengan desain keseluruhan yang mewah dan arogan. Akan lebih baik apabila menggunakan warna abu abu gelap atau krum gelap.

Interior

Masuk kedalam bagian interior, kami suka dengan warna kursi terbalut kulitnya yang berwarna coklat. Jok dari Nissan Terra ini juga bagus bentuknya dan dapat menopang punggung dengan baik.

Namun sayang beribu sayang, kesan mewah itu tercoreng dengan penggunaan material keras dan berkesan murah di dasbor. Selain bahannya yang tidak proper untuk SUV berharga lebih dari setengah milyar Rupiah ini, bentuk dan warnanya juga tidak berkesan mewah sama sekali. Oh please Nissan.

Akomodasi

Nissan Terra memiliki dimensi yang paling panjang dari rival sekelasnya. Namun hal itu ternyata tidak terlalu banyak mempengaruhi. Memang ia terasa sedikit lebih luas dibanding Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner, tetapi masih kalah dengan Isuzu MU-X yang memiliki dimensi lebih pendek.

Untuk urusan jok, sebetulnya ini masalah cocok-cocokan dengan tinggi badan. Untuk orang dengan tinggi dibawah 180 cm, pasti akan sangat nyaman menaiki Nissan Terra. Hal sebaliknya terjadi apabila orang yang naik tingginya lebih dari 180cm. Kaki akan terasa mengambang dan tidak tertopang sempurna.

Satu hal yang disayangkan dari Nissan Terra ini yaitu absennya setir telescopic. Untuk mobil dengan harga setengah milyar, absennya fitur ini tentu sangat disayangkan. Padahal setir telescopic sendiri membuat pengemudinya lebih rileks karena bisa menemukan posisi menyetir terbaik.

Engine

Mesin Nissan Terra 4×4 ini sama persis dengan Nissan Navara yang sudah keluar terlebih dahulu. Sama sama bermesin YD25DDTi bertenaga 190 hp dan 460nm. Dengan tenaga sebesar itu, otomatis membuat Nissan Terra menjadi yang paling bertenaga di kelasnya

Fitur Fitur

Fitur fitur pada Nissan Terra 4×4 ini boleh dibilang yang paling lengkap di kelasnya. Berbagai fitur keselamatan seperti ABLS, Hill Descent Control, Shift On The Fly 4×4 transfer case, ABS-EBD, LSD serta 6 Airbag dan fitur kenyamanan seperti head unit yang canggih, cruise control dan lain sebagainya disematkan di SUV ini. Good job!

Verdict

Dengan banderol yang paling mahal dibanding rival sekelas, yaitu sekitar 670 juta Rupiah. Nissan Terra seharusnya bisa memberi lebih untuk konsumennya, terutama interior yang terkesan cheap dan absennya fitur teleskopik.

Sedangkan untuk tampilan, kami suka dengan Nissan Terra ini karena gagah dan terkesan mewah. Serta bisa menjadi alternatif bagi kalian yang sudah bosan dengan pilihan pilihan yang lama.

Nah, bagaimana menurut Teman Nyetir? Sampaikan di kolom komentar ya!

 

 

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *