First Impression Hyundai Kona : Spesies Baru Hyundai

Posted on

NYETIR.id – Hyundai tampaknya sedang getol mengeluarkan mobil baru. Setelah Santa Fe yang meluncur di GIIAS tahun lalu dan Grand Santa Fe di kuartal 1 2019. Kini ia kembali meluncurkan Hyundai Kona di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS 2019).

Hyundai Kona sendiri sebetulnya merupakan produk global Hyundai yang sudah ada sejak tahun 2017 di pasar Eropa. Namun baru di tahun 2019 ini Hyundai Kona berkesempatan menyapa pasar tanah air.

Bila merunut sejarah Hyundai di Indonesia. Kona merupakan pertamakalinya Hyundai meluncurkan subcompact crossover yang berhadapan langsung dengan rival rivalnya seperti Honda HR-V, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan lain sebagainya. Nah, lalu bagaimana impresi kami terhadap crossover nyentrik dari Hyundai ini? Yuk simak terus!

Exterior

Secara desain exterior, Hyundai Kona yang memiliki desain kekinian dengan tarikan garis yang melengkung dan dinamis membuatnya tampil beda dan modern. Tampang depan mobil ini sekilas mirip Santa Fe mini dengan bentuk lampu DRL dan lampu utama bertumpuk. Ya wajar, karena sebetulnya Hyundai Kona adalah mobil pertama Hyundai yang memiliki desain seperti ini, baru diikuti oleh kakaknya Santa Fe dan Palisade.

Penggunaan body cladding berwarna hitam doff ke abu abuan juga semakin menguatkan kesan crossover atau mini SUV nya sekaligus menambah kesan gagah.

Yang menarik untuk kami. Hyundai Kona menggunakan roof rail betulan di atapnya, alias terbuat dari besi alumunium dan dilengkapi slot untuk roof rack. Jadi roof rail di Hyundai Kona ini bisa kamu gunakan untuk membawa barang atau roofrack, bukan sekadar hiasan atau aksen.

Interior dan Fitur

Berbicara soal interior Hyundai Kona, yang pertamakali berkesan di kami adalah interiornya lagi lagi mirip dengan Hyundai Santa Fe. Berciri khas head unit floating dengan bentuk ac melebar  Namun uniknya ia memiliki garnish dan seatbelt berwarna Lime Green di interior yang sama dengan warna interior di luarnya.

Kualitas material interiornya biasa biasa saja. Sama dengan kompetitornya yang menggunakan campuran material soft touch dan hard plastic, interior Kona cukup enak disentuh dan suprisingly kursi berbalut kulit dengan jahitan sportinya sangat suportif dan nyaman diduduki.

Berbicara soal fitur, mobil ini diberikan fitur yang lumayan berlimpah oleh Hyundai. Ia dibekali dengan auto climate control, tilt and telescopic steering, dan headunit android Nougat yang lengkap konektivitasnya serta lumayan enak suaranya. Sedangkan untuk fitur keselamatan, mobil ini sangat lengkap, sebut saja fitur seperti 6 SRS Airbag, Emergency Stop Signal, Tire Pressure Monitoring System, Rear parking distance warning, Rear Parking Camera. All Disc Braking System, Downhill Back Control, Hill Start Assist Control, ABS, hingga ESC.

Mesin

Untuk mesin, Hyundai Kona  dibekali dengan mesin 2.000 cc 4 Silinder Nu Engine, yang mampu menghasilkan daya puncak 147 hp pada 6.200 rpm dan torsi puncak 180 Nm pada 4.500 rpm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Jika dilihat dari figur tenaga dan bodi, mobil ini terlihat bertenaga. Namun sayangnya Hyundai Kona versi 1.600cc GDI Turbo dengan transmisi DCT 7 Speed tidak ikut dimasukkan ke Indonesia. Padahal apabila dimasukkan ke Indonesia, otomatis Kona akan menjadi subcompact crossover terkencang di kelasnya.

Harga

Harga Hyundai Kona di Indonesia dibanderol di angka Rp363.900.000 untuk OTR DKI Jakarta. Hanya ada satu tipe dan satu varian mesin untuk Kona, yaitu mesin 2.0 liter 4 silinder dengan transmisi otomatis geared AT 6 speed.

Baca Juga : Hyundai Santa Fe Menjadi Passenger Car Favorit di GIIAS 2018

Harga seperti ini tentu kompetitif di kelasnya mengingat fitur dan mesin yang diusung apabila dibandingkan dengan kompetitornya yang sama sama bermesin 2.000cc yaitu Mazda CX-3.

Bagaimana menurut kamu?

 

Fadli Arfi
97 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *