DPRD Tolak Tunjangan Transportasi Pengganti Mobil Dinas Pejabat Sidoarjo

Posted on

NYETIR.ID – Pemberian tunjangan untuk pengganti mobil dinas pejabat eselon dua dan tiga, setingkat kepala bagian dan kepala dinas,  mendapat penolakan dari DPRD Sidoarjo dalam rapat yang digelar antara Tim Anggaran Pemkab Sidoarjo dengan Badan Anggaran DPRD Sidoarjo, Senin (29/10/2018)

Tunjangan tersebut di alokasikan untuk pengganti mobil dinas untuk para pejabat, yang bernilai Rp 10 juta setiap bulan untuk setiap pejabat.

“Pengalokasian dana itu belum ada aturannya. Sehingga tidak bisa diterima oleh teman-teman Banggar,” ujar Tarkit Erdianto, anggota Banggar DPRD Sidoarjo usai rapat.

Sebenarnya hal tersebut tidak masalah jika mobil dinas diganti uang transportasi. Tetapi harus ada aturannya terlebih dahulu.

“Sudah dipaparkan tentang bagaimana konsep dan teknisnya, tapi dalam paparannya belum ada landasan aturan yang jelas,” lanjutnya.

Tidak hanya sampai disitu, ketua DPRD Sulamul Hadi Nurmawan juga berpendapat “Sementara belum bisa dicover di KUA PPAS. Tapi jika nanti ketika regulasinya sudah jelas dan bisa dipaparkan, maka kami silakan dipaparkan lagi,” Yang penting, semua anggaran harus bisa dipertanggungjawabkan.

Anggaran untuk tunjangan transportasi pengangganti mobil dinas itu masuk dalam anggaran tidak langsung. Sehingga boleh tidak muncul di KUA-PPAS.

“Nanti kan dikirim ke Gubernur. Nah, di sana yang evaluasi. Apakah boleh atau tidak,” ujar Sekda Sidoarjo Achmad Zaini.

Menurutnya, rencana penggantian mobil dinas dengan tunjangan transportasi itu sudah disampaikan ke semua dinas dan badan, semuanya setuju.

Dengan adanya biaya transportasi ini, Pemkab tidak perlu lagi pusing dengan adanya penyediaan mobil. dan juga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan yang besar, sopir, BBM, dan sebagainya lebih bisa diminimalisir.

“Sudah dihitung-hitung, bisa efisiensi sekitar Rp 3,5 miliar dalam setahun. Kan lumayan banyak segitu,” lanjut Zaini.

Ditegaskannya, tunjangan ini bukan hal baru. Pejabat yang menerima tunjangan, mobil dinasnya bakal ditarik dan harus menggunakan transportasi ini.

Deddy Darmanto
46 Posts

Author: Deddy Darmanto

Masih anak magang di NYETIR.id. Sukanya nonton film action dan memantau dunia modifikasi mobil.

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *