Chevrolet Trax Facelift Review : Crossover Canggih Penggoda Iman

Posted on

NYETIR.id – Segmen crossover / mini SUV di Indonesia boleh dibilang adalah sebuah segmen yang sangat banyak peminatnya. Kondisi jalanan yang kurang rata serta seringnya terjadi banjir membuat crossover / mini SUV ini laris manis bak kacang goreng.

Tidak hanya brand brand Jepang saja yang bertarung di segmen ini, segmen Eropa dan Amerika pun turut serta meramaikan dengan produk produk andalan mereka. Seperti contohnya sebuah Chevrolet Trax tipe LTZ / Premier yang telah kami test ini.

Chevrolet Trax pertamakali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2015. Mobil ini sempat menarik perhatian para pecinta otomotif di Indonesia karena mesin 1400 cc Turbo nya yang merupakan satu satunya di kelasnya pada saat itu.

Exterior

Jujur saja, saat kami melihat sosok Chevy Trax Facelift ini. Bentuknya sangatlah muskular dan gagah. Berbeda dengan versi sebelum faceliftnya yang terlihat biasa dan kurang menarik, versi facelift ini memiliki bentuk lampu yang memanjang, streamline dan dinamis.

Kesan mahal dan mewah turut terpancar dari penggunaan DRL yang memanjang serta krum kruman khas Chevy yang elegan dan tidak silau. Ditambah lagi warna mobil yang kami test ini berwarna hitam, makin menambah aura sangar dan modern khas SUV zaman now.

Berpindah ke bagian belakang, hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah buritan dari Chevy Captiva. Sangat mirip! Namun belakangnya tidak se spesial depannya, biasa saja, walaupun versi facelift ini sudah dilengkapi dengan lampu LED bar di bagian belakangnya.

Penggunaan velg 18 inchi juga turut menyumbang kesan gagah pada mobil ini. Desainnya juga dewasa dan tidak neko neko, sehingga mobil ini semakin keluar aura dewasa dan gagahnya. Good job Chevy!

Interior

Kesan dewasa dan gagah pada exteriornya kini berlanjut di bagian interior mobil ini. Trax memiliki desain dasbor yang tebal dan sturdy sehingga mengesankan bahwa mobil ini adalah mobil yang well design dan well built.

Jok pada mobil ini juga didesain dengan bentuk yang mewah dan supportif. Dengan balutan leatherette berwarna hitam, Semakin mengesankan kesan dewasa dan gagah itu bukan?

Feature, Safety, and Comfort

Kalau boleh dibilang, Chevrolet Trax merupakan mobil yang paling kaya fitur untuk dikelasnya. Seperti contohnya adalah fitur sunroof, Chevrolet tipe LTZ / Premier yang saya test ini sudah dilengkapi dengan full electric sunroof, di kelasnya hanya Honda HRV Prestige tipe 1.8 yang memilikinya, itupun tidak bisa dibilang sekelas dalam level harga, karena HRV Prestige dibanderol dengan harga 395 Juta Juta Rupiah, sedangkan Chevrolet Trax jauh dibawahnya yaitu di angka 314 Juta Rupiah.

Tidak kurang kurang, untuk memanjakan penumpang dan pengemudinya. Fitur fitur unggulan seperti cruise control, headunit MyLink2 yang memiliki konektivitas super lengkap, auto headlamp, auto wiper, kamera mundur dengan garis pemandu yang dapat bergerak serta pengaturan sorot lampu depan. Super lengkap!

Hal ini juga berlanjut dengan fitur fitur safety yang diusung oleh Trax. Sebut saja fitur fitur safetynya yang sangat berlimpah seperti penggunaan 6 airbags, Hill Descent Control (HDC), Hill Assist Control (HAC), Vehicle Stability Control (VSC), ABS + EBD + BA, cakram di keempat roda yang merupakan terdepan di kelasnya.

Hal unik yang kami dapati saat mencoba Trax salah satunya adalah fitur 230v Power Outlet. Kalau di mobil lain colokannya adalah colokan 12v atau colokan lighter, maka Trax ini akan membawanya ke level yang lebih tinggi, yaitu colokan rumah! Jadi buat kamu yang berencana akan membawa Trax ini berpergian jauh, bakalan terbantu banget pastinya karena kamu masak nasi dengan rice cooker, ngeringin rambut pakai hairdryer atau memanggang roti. Mantap betul yes?

Kenyamanan dalam interiornya juga boleh dibilang yang sangat nyaman di kelasnya. Jok berbalut leatherette nya sangat suportif dan enak diduduki. Tidak terasa pegal duduk lebih dari 3 jam didalam Trax, karena faktor joknya yang tebal dan menyangga tubuh tersebut.

Namun sayang, dibalik kenyamanan tersebut, ada sedikit yang mengganggu saya. Hal itu adalah ruang kaki belakang yang agak sempit. Sebetulnya tidak sempit sempit amat karena masih ada space dengan jok depan. Namun kalau saya disuruh jadi penumpang belakang sepertinya bakalan terasa agak pegal karena space yang tersisa tinggal sedikit dan musti agak mengangkang supaya kaki tidak terlalu mepet dengan kursi depan.

Engine

Chevrolet Trax mengusung mesin 1400cc Turbo Charger inline 4 bertenaga 138 dk dan torsi 200nm. Dengan sokongan turbo ini, Chevrolet Trax otomatis menjadi SUV paling bertenaga di kelasnya. Sangat cocok untuk yang demen kecepatan tapi maunya crossover!

Driving Impression

Menyetir Chevy Trax ini merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Karena mesin turbo nya yang bertenaga, mengendarai Chevrolet Trax ini seakan seperti tidak ada bosannya. Karakter RPM nya yang padat dari bawah sampai atas serta transmisi otomatis GM Tiptronic 2 6 speed nya yang pintar, membuat mobil ini terasa mampu melahap berbagai karakter jalan. Mau tanjakan, lurusan atau turunan curam, perpaduan mesin yang bertenaga dan girboks yang pintar ini seakan menjadi perpaduan yang mengasyikkan yang pernah diterapkan di sebuah crossover.

Baca Juga : Chevrolet Corvette C8 Terlihat Sedang Tes Uji di di Nurburgring!

Tidak hanya bertenaga, Chevrolet Trax ini juga sangat mudah dikendalikan. Efek penggunaan ban lebar dan merk ban Continental Conti Premium 2 yang memiliki grip AA, membuat Trax terasa lengket di jalan. Body roll nya juga minim karena suspensi Trax yang dibuat berkarakter agak stiff sehingga tidak membuat penumpangnya merasa takut ketika melibas tikungan tajam di kecepatan yang cukup tinggi.

Fuel Efficiency

Awalnya, kami kira mobil ini akan memiliki mesin yang cukup boros BBM karena bodynya yang terlihat berat serta mesin turbo nya yang kencang. Namun anggapan tersebut ternyata salah! Kami melakukan pengetesan dengan metode full to full dan mendapatkan konsumsi BBM dalkot di angka 1:10,7 dan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/h di angka 1:14,5. Angka tersebut tentunya cukup spesial, mengingat kami tidak ngirit ngirit gas ketika membawa mobil ini.

Verdict

Kesimpulannya, Chevrolet Trax jujur saja menjadi pilihan mini SUV / Crossover terbaik menurut saya dan tim NYETIR.id, harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau dengan apa yang didapat. Dia canggih, bertenaga, mewah dan irit BBM. Namun kembali lagi, dukungan after sales Chevrolet yang terbatas di kota kota besar, harga jual kembali yang tidak begitu baik serta kebutuhan mobil ini untuk meminum bahan bakar RON 95 menjadi hambatan bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk membelinya. Pilihan di tangan kamu!

What we like :

  • Desain gagah dan mewah
  • Mesin turbo bertenaga
  • Fitur dan safety lengkap
  • Fun to drive
  • Price to performance yang baik

What we dont like :

  • Ruang kaki belakang sempit
  • Kebutuhan mesin akan bensin RON 95
  • Ground clearance yang kurang tinggi untuk crossover dikelasnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fadli Arfi
102 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *