BMW X7, SUV Terbesar BMW Diluncurkan di Indonesia!

Posted on

NYETIR.id – Bertempat di Museum MACAN, Jakarta Barat. BMW Indonesia meluncurkan SUV / SAV terbesarnya yaitu BMW X7. Model yang merepresentasikan BMW seri 7 namun dalam bentuk SUV ini meluncur dalam satu model yaitu model xDrive40i Pure Excellence.

Exterior

Secara exterior, mobil yang menyandang status paling besar dalam sejarah X series BMW ini memiliki desain yang mirip dengan BMW X5. Hanya saja jauh lebih lebar dan panjang. Dimensi BMW X7 ini terhitung panjang 5,151 mm, lebar 2,000 mm, dan tinggi 1,805 mm, serta dengan sumbu roda 3,105 mm.

“Model terbaru dan paling lapang dari rangkaian kendaraan BMW X menggunakan teknologi powertrain dan sasis yang inovatif untuk ciptakan pengalaman berkendara sempurna. Ditunjang interior yang lapang, setiap baris kursinya disempurnakan oleh sentuhan kemewahan dan fitur peralatan canggih. Bahasa desain baru BMW membawa keanggunan modern dari rangkaian kendaraan mewah BMW ke eksterior BMW X7, ditambah dengan keindahan visual, material yang solid, dan teknologi terdepan,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Hal paling menarik perhatian pada bagian exterior mobil ini tentu saja penggunaan Kidney Grille yang masif ukurannya. Walaupun di dunia maya grille ini sangat kontroversial karena dianggap terlalu besar, ketika dilihat langsung ternyata ukurannya pas dan cocok untuk proporsi mobil ini yang tinggi, besar dan lebar.

Desain mobil ini sangat mirip dengan X5. Namun desain lampu depannya lebih sipit dan memanjang, begitu juga dengan desain belakangnya yang mengotak dan membesar, sangat mencirikan sebuah full size premium SUV.

Interior

Mobil ini memiliki interior yang sangat lapang dan bisa memuat 7 penumpang secara proper. Interiornya didominasi dengan leather trim  Merino dan opsi BMW Individual yang tersedia dalam empat varian warna.

Menyandang statusnya sebagai SUV termewah dan terbesar BMW. Mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic sunroof hingga ke baris ketiga dan dilengkapi dengan lampu LED yang dinamai dengan Sky Lounge. Fitur ini memungkinkan penumpangnya untuk merasakan suasana langit berbintang yang juga ada di BMW 7 Series.

Selain itu, BMW Indonesia memberikan konfigurasi Captain Individual Seat di bangku tengah sebagai standarnya. Sekadar info saja, konfigurasi ini di Amerika dan Eropa merupakan opsional yang dihargai 5000 dollar. Generous enough BMW Indonesia!

Fitur

Sebagai SUV termewah BMW, tentu saja mobil ini bertaburkan fitur fitur canggih yang memanjakan pengemudi dan penumpangnya.  Ia telah dilengkapi dengan sistem driver assistance yang hadir dengan Adaptive Cruise Control dengan fungsi pengereman, serta Collision and Pedestrian Warning dengan fungsi City Braking, yang menginfokan pengemudi saat pejalan kaki dan pengendara sepeda terdeteksi di sekitarnya.

Selain itu X7 juga telah dilengkapi oleh Cockpit Professional dilengkapi Control Display dan kluster instrumen full  digital – masing-masing dengan layar diagonal berukuran 12.3 inci. Sistem ini menggunakan display BMW Operating System 7.0, termasuk BMW Intelligent Personal Assistant, ‘seorang’ asisten digital cerdas yang diaktifkan dengan kalimat Hello BMW. Ia juga telah dilengkapi dengan 16 speaker dan sound system Harman Kardon sebagai standar.

Mesin dan Drivetrain

BMW X7 xDrive40i ini ditenagai oleh jantung pacu bensin berkode B58 3.0-liter enam silinder yang dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Mesin yang sama digunakan oleh BMW X5 dan Toyota Supra A90 ini dikawinkan dengan transmisi Steptronic 8 Speed yang dapat menghasilkan 340 hp pada 5,500 – 6,500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm dari 1,500 rpm, yang memungkinkan mobil besar ini melesat dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

Baca Juga : BMW i8 Roadster Review : Menatap Masa Depan

Mengusung statusnya sebagai full size SUV yang akan berjibaku langsung dengan Mercedes GLS, Toyota Land Cruiser dan Lexus LX570. Mobil ini sudah pasti wajib memiliki penggerak 4×4 / AWD yang canggih dan mumpuni. Oleh karena itu BMW menyematkan BMW  xOffroad Package memungkinkan untuk mengontrol gardan diferensial belakang secara elektronik juga terhubung dengan sistem kontrol stabilitas.

Harga

Harga BMW X7 di Indonesia dibanderol seharga Rp. 2.399.000.000,- off-the-road dan akan tampil secara perdana untuk publik di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 pada 18 Juli 2019. Harga ini sudah termasuk BMW Service Inclusive, yang mencakup pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km serta BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun.

Bagaimana menurutmu?

 

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *