BMW Seri 8 Tidak Hadir Dalam V12, Ini Alasannya!

Posted on

NYETIR.ID –  Gran Tourer terbaru BMW , yaitu BMW seri 8 dinyatakan akan hadir dengan model baru serta, 2 pilihan mesin baru. Mesin mesin berikut bukanlah  mesin V12 seperti pendahulunya, bukan juga mesin hybrid. Lalu mesin apa yang akan dicangkokan ke mobil ini?

Akan ada 2 pilihan nantinya, yaitu mesin diesel turbocharged 6 silinder berkapasitas 3.000 cc. Mesin ini akan menghasilkan tenaga 335 dk dengan torsi 680 Nm. Untuk varian bensin akan memakai V8 twin-turbo 4.400 cc, yang menghasilkan tenaga hingga 523 dk dan torsi mencapai 750 Nm.

Mesin diesel nantinya akan dipasangkan pada varian 840d dan menyusul mesin bensin, yang akan dipasangi pada M8 Coupe.

Tenaga yang cukup besar tersebut ditransfer melalui gearbox otomatis 8-percepatan, ke sistem penggerak AWD Xdrive BMW. Mobil sedan ini juga dilengkapi standar Adaptive M suspension dan Integral Active Steering,  teknologi ini bermanfaat untuk roda bagian belakang juga ikut berbelok saat stir dibelokkan, dan diklaim dengan teknologi mobil akan lebih stabil.

BMW akan mengesampingkan dulu untuk penggunaan mesin bensin V12 berkapasitas 6.000 cc, dengan output tenaga 601 dk dan torsi 800 Nm dari M760Li xDrive, yang dapat berlari dari 0-100 kmj dalam 3,7 detik saja.

Hal ini dikarenakan menurut  wakil presiden manajemen produk BMW, Carsten Groeber

“V12 sangat berat untuk ditempatkan bagian depan, dan sekarang ini kami memiliki distribusi berat yang pas dengan mesin V8 di seri 8 ini,”

Model eksterior seri 8 tetap menggunakan identitas grill double kidney khas BMW, desain lampu DRL LED sipit juga menghiasi bagian mata seri 8 ini. semua garis-garis boddy dibuat oleh BMW dengan sangat baik demi aerodinamika body besar seri 8 ini.

Pada sisi belakang mobil, terdapat lampu rem sipit bermodel garis terlihat sangat sporty, ditambah dengan lubang besar pada bagian kanan kiri bemper,  Diffuser juga dibuat  baru dengan model dual muffler.

Di dalam interior, ada warna hitam dan coklat yang mendominasi dari bagian jok dan penel-panel interior. Tidak hanya itu, ada tuas persneling baru yang buat salah fokus karena terbuat dari kaca.

Baca Juga : BMW X2 Meluncur Resmi di Indonesia!

Instrumen juga sudah full layar digital dan tidak sampai disana, fitur diperlengkap entertainment system iDrive pada BMW seri 8 sudah mengusung OS 7.0 dengan layar besar 10,25 inci yang bisa diatur melalui layar sentuh, dan juga voice command. canggih bukan?

Tetapi terasa kurang ikonik ya kalau 8 series nggak pakai mesin V12? Bagaimana kalau menurut kamu?

 

Deddy Darmanto
46 Posts

Author: Deddy Darmanto

Masih anak magang di NYETIR.id. Sukanya nonton film action dan memantau dunia modifikasi mobil.

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *