BMW 8 Series : Si Legenda Yang Terlahir Kembali

Posted on

NYETIR.id – Seolah tak pernah lelah dalam meluncurkan model barunya di Indonesia. Kali ini BMW Indonesia memperkenalkan model coupe terbarunya yaitu BMW 8 Series di bilangan Jakarta Selatan pada Jum’at 17 April 2019.

BMW 8 series berkode sasis G15 ini sendiri sebetulnya merupakan model legendaris BMW yang dihidupkan lagi semenjak generasti terakhirnya yaitu BMW E31 yang terakhir diproduksi di tahun 1999 dan terkenal akan lampu pop up headlightsnya.

Desain

Melanjutkan trahnya sebagai sports coupe untuk menempuh perjalanan jauh. All New BMW 8 Series ini tetap mempertahankan bentuk dan dimensinya menyerupai dengan sang legenda E31, namun memang secara desain ia sudah menganut bahasa desain BMW terbaru dengan kidney grille besar serta lampu depan belakang berbentuk futuristis.

Sekilas apabila dilihat dari depan, mobil ini seolah menghidupkan kembali bahasa desain shark nose yang dulu sempat populer di desain BMW tahun 80 – 90 an. Kidney grillenya seolah menyiratkan kegaharan dan keganasan mobil ini, Perfect!

Interior dan Fitur

Seperti kebanyakan BMW pada umumnya. BMW 8 Series ini sudah menggunakan desain interior BMW terbaru dengan BMW Live Cockpit yang canggih dan setir palang tiga yang telah diperbarui bentuknya. Ada hal unik yang kami temui pada 8 Series, dimana shift knob pada BMW 8 series ini menganut model kristal sehingga mengentalkan nuansa aristokrat pada interior mobil.

Untuk fitur dan teknologi, BMW 8 Series  juga telah dilengkapi dengan speaker Harman Kardon, Live Cockpit dan iDrive 7.0 yang dilengkapi dengan Hey BMW sebagai standar. Ya bila berbicara tentang BMW tentu fitur mewah sudah menjadi standard. Tidak perlu lagi dibahas secara mendetail tentang fitur di BMW 8 Series ini.

Mesin

Berbicara soal mesin, tentu ini yang sangat menarik dibahas di BMW 8 Series ini. Sebagai catatan, unit yang masuk Indonesia adalah versi M850i, yang berarti ia berjantung pacu 4.400cc V8 TwinPower Turbo yang sanggup memuntahkan daya sebesar 530hp dan torsi sebesar 750nm! Mesin tersebut dipadukan dengan girboks 8 Speed Steptronic yang mampu menghasilkan akselerasi 0 – 100 hanya dalam 3,7 detik saja.

Saat kami mendengar suara mesinnya saat peluncuran. Mobil ini seolah memiliki dua karakter yang berbeda. Apabila mobil ini berada di mode normal atau comfort, suara mesinnya terdengar halus dan merdu. Namun apabila ia dipindahkan modenya menjadi mode Sport atau Sport+ maka siap siaplah suara monster V8 akan terdengar menggelegar beserta letupan dari Turbo yang siap mengintimidasi jalanan di tempat ia melaju.

Verdict

Angka 8 kalau boleh dibilang merupakan hal yang spesial untuk BMW. Mulai dari BMW Z8, BMW i8 hingga 8 Series yang akhirnya terlahir kembali ini seolah mengukuhkan bahwa ini adalah model sport paling mutakhir yang dimiliki BMW.

BMW M850i G15 terbaru yang dihadirkan ini tentu memenuhi ekspektasi spesial yang ditaruh pada angka 8 pada sebuah BMW. Ia seksi, ia kencang, ia adalah sebuah pure breed dan ia memiliki suara yang gahar dan merdu.

Berbicara harga ia dibanderol dengan harga 3.48 Miliar untuk varian M850i Coupe dan 3.70 Miliar untuk varian M850i Carbon Coupe yang memiliki atap full carbon fibre (off the road) yang berarti akan menghadapkan langsung mobil ini dengan kompetitornya dari Jerman dan Jepang yaitu Mercedes Benz S Class Coupe dan Lexus LC500.

Well its a very beautiful and nicely executed car from BMW. Nice one!

Bagaimana pendapatmu?

Fadli Arfi
104 Posts

Author: Fadli Arfi

Penghobi otomotif khususnya segmen roda dua. Suka jalan jalan, nulis, sama kulineran!

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *