Balap Time Attack Peringati HUT Komunitas JDM

Posted on

Pernah melihat video dari Option? atau Best Motoring melalui segmen Hot Version? Ya mereka semua adalah basis untuk membuat sebuah acara besar yang mampu mempersatukan semua pemilik mobil sport asli Jepang (Built Up) se-Nusantara bernama JDM Funday. Acara yang digelar 5 Agustus di Sentul, Jawa Barat ini adalah waktu dimana ulang tahun komunitas mobil sport Jepang bernama JDM Run melakukan hari jadinya yang kelima.

Mobil JDM

Deretan mobil Japanese Domestic Market asli CBU Jepang

“Pertama kalinya diselenggarakan oleh komunitas JDM Run, ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun JDM Run yang ke-5,” buka Frangky dari komunitas JDM Run. Komunitas ini berdiri di medio 2014 meski pada hakikatnya mobil Japanese Domestic Market sendiri sudah ada dari sejak era 1970`an sebagai mobil balap untuk kepentingan reli, drag dan turing. Mobil-mobil seperti Mitsubishi Lancer Evolution, Subaru Impreza dan Mazda RX7 menjadi contoh mobil JDM yang menjadi pahlawan para pebalap-pebalap tanah air seperti Rifat Sungkar, Glenn Nirwan, Sean Gelael dan Chandra Alim. JDM Run sendiri sudah membangun chapternya dari Bandung dan Semarang selain Jakarta sebagai basis utama.

Kembali ke JDM Funday, acara ini merupakan seri dari Funday Series yang dicanangkan oleh event organizer Goodrides sejak 2015 silam. Berawal dari Honda Funday dan Speed Matsuri Japan Day, Goodrides yang digawangi mantan drifter Muhammad Baktiar Akbar (Dean Zen) ini tetap menggunakan formula pada ajang sebelumnya yakni menggabungkan acara kumpul mobil (meetup) dengan kebut-kebutan. Beberapa mobil seperti Toyota Sprinter Trueno, Honda Integra sampai Mazda RX7 menjadi bintang di sesi meetup sedangkan beberapa peserta lainnya menggunakan sesi time attack yang menggunakan format Indonesia Hotlap Challenge. “Intinya untuk race yang ada sebetulnya untuk para peserta menuangkan kesenangannya, jadi biar mereka tahu kecepatan waktu mereka ketika menjajal sirkuit,” terang pembesut Mitsubishi Lancer Evolution 3 dan 8 ini lebih lengkap.

Tidak sembarang mobil bisa masuk ke time Attack karena peserta harus siap tempur dengan perlengkapan lengkap ala pebalap dan penyelenggara mengelompokkan peserta mulai dari grup A-F. Dalam sesi ini, pebalap Engine Plus Gazpoll, Luckas Dwinanda berhasil merebut catatan waktu 1 menit 45,839 detik dengan Honda Brio spek balap turing. Sedangkan pebalap senior Michael Indradjaja meraih catatan waktu 1 menit 47,052 detik sebagai catatan waktu untuk kategori mobil jalanan dengan mobil Honda lainnya, Civic Type R.

 

Reportase: Berto Otojatim

Handi Cahyono
11 Posts

Author: Handi Cahyono

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *