Mulai Oktober, Agya dan Calya Dapat Mesin Euro4

Posted on

Toyota Astra Motor nampak semakin serius untuk persiapkan masa depan industri otomotif, fitur dan teknologi modern perlahan mulai diperkenalkan kepada masyarakat. Mulai dari fitur keamanan yang komplit hingga facelift dengan pembaruan komponen mesin. Agya dan Calya sebagai LCGC yang sangat diminati oleh masyarakat pun tak dikecualikan dalam pembaruan fitur yang mendukung kemajuan industri otomotif.

Surat edaran perubahan mesin Agya dan Calya

Beredar surat yang ditujukan kepada dealer owner Toyota bahwa pada Oktober mendatang Toyota akan memperbarui Calya dan Agya dengan mesin yang mendukung Euro 4. Hal ini berkaitan dengan keputusan pemerintah untuk menaikkan standar BBM untuk kendaraan roda empat bermesin bensin menjadi Euro 4 mulai Oktober 2018 demi mendukung program standarisasi emisi menjadi Euro 4.

Menurut sumber internal kami, mesin Agya varian 1.0 yang sebelumnya menggunakan varian 1KR-VE buatan Daihatsu akan diganti dengan mesin 1KR-FE yang sudah sesuai dengan standar Euro 4, sedangkan mesin Agya 1.2 dan Calya yang menggunakan 3NR-VE akan diganti dengan 3NR-FE yang juga berstandar Euro 4.

Mengenai perbedaan antara mesin lama dengan mesin terbarunya, sumber kami mengatakan bahwa perbedaan ada pada material produksi dan mapping pada ECU mesin tersebut. Secara spesifikasi memang mesin varian VE dan FE adalah unit dengan spek yang sama, namun hanya material produksinya saja yang sedikit berbeda. Soal harga, diperkirakan harga Agya dan Calya akan bertambah ketika perubahan ini dilakukan pada Oktober mendatang.

Avicena Pratikto
25 Posts

Author: Avicena Pratikto

Penyuka BMW, Mercedes-Benz, dan mobil Eropa serta mobil-mobil CBU lainnya termasuk Carawang Built-Up.

Join the conversation

Leave a comment
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *